O2SN diikuti 1.384 siswa Irianto : Junjung Tinggi Sportivitas Bertanding

2SN dO2SN diikuti 1.384 siswa   Irianto : Junjung Tinggi Sportivitas Bertanding

 

SAMARINDA - Sebanyak 1.384 siswa-siswi dari jenjang SD, SMP, SMA, SMA-LB, SMK, SMK-LB dari kabupaten kota se-Kaltim akan  mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2015.

Pembukaan O2SN dilakukan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim H Irianto Lambrie ditandai dengan pelepasan balon di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (26/5).

Dalam arahannya, Sekprov Irianto Lambrie meminta seluruh peserta selalu menjunjung tinggi spotivitas dalam bertanding, menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk meraih prestasi serta  mematuhi dan menaati peraturan pertandingan yang telah ditetapkan oleh panitia dan dewan juri.

"Hal yang sama, diharapkan para dewan juri atau wasit juga harus  menaati semua ketentuan cabang olahraga, patuh kepada peraturan pertandingan dan bertindak adil serta jujur dalam menetapkan keputusan," pesan Irianto.

Dikatakan, O2SN merupakan kegiatan yang dapat menegakan pendidikan karakter untuk meningkatkan nasionalisme. Sebab, ketika peserta saling bertemu akan muncul kesadaran patriotik sehingga menguatkan  jatidiri sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hal ini harus kita sadari, karena pada abad ke-21 ini pengaruh globalisasi dan persaingan antar negara di dunia, utamanya di bidang  teknologi informasi menjadi semakin ketat dan tajam, serta akan membawa perubahan yang sangat cepat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi maupun tata kehidupan umat manusia di dunia," paparnya.

Kondisi demikian  lanjut Irianto, menimbulkan dampak positif dan negatif, sekaligus membawa tantangan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai bekal untuk menjawab kesiapan anak bangsa dalam persaingan global. Jika tidak siap, maka bangsa dan negara kita akan tergilas dan menjadi korban kemajuan negara lain.

"Untuk itulah, Pemprov Kaltim sangat mengedepankan sektor pendidikan sebagai bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia," kata Irinto.

Selain itu, Irianto menambahkan olimpiade olahraga ini ditujukan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga,  meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif,  meningkatkan kesehatan jasmani, menciptakan kondisi kompetitif secara sehat, melatih sportivitas dan juga melatih tanggung jawab.

"Terus kembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, sehingga mampu meraih prestasi setinggi-tingginya, tidak hanya pada level nasional, akan tetapi hingga prestasi dunia," seru Irianto.

O2SN Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2015 diikuti 1.384 siswa yang terdiri dari peserta SD 270 orang, SMP 530 orang, SMA dan SMA-LB 240 orang dan SMK dan SMK-LB 375 orang. Olimpiade ini mempertandingkan cabang olahraga bulu tangkis, atletik, renang, pencak silat, karate, tenis meja, bola voli, catur dan basket.

Siswa yang sukses menjadi juara 1, baik perorangan maupun beregu dalam 02SN ini, akan mewakili Kaltim pada O2SN Tingkat Nasional pada Agustus tahun ini di Makassar  Sulawesi Selatan. 

"Oleh karena  itu, gunakan dan manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya demi peningkatan prestasi olahraga siswa khususnya dan untuk memajukan dunia pendidikan di Kaltim pada umumnya," pungkas Irianto. (mar/sul/es/hmsprov)

Foto : Sekprov Irianto Lambrie memimpin pembukaan O2SN Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2015 di halaman Kantor Gubernur Kaltim. Seluruh peserta diminta menjunjung tinggi sportivitas dan wasit diminta jujur memimpin pertandingan. (fajar/humasprov) 

 

Berita Terkait
Government Public Relation