Obatnya Apa Pak Agus?

Dok.humaskaltim

Gubernur Isran Noor dan Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto menyempatkan waktu untuk menanam bibit tanaman obat keluarga atau toga pada Bakti Sosial Ketahanan Pangan Polda Kaltim di Kampung Kangkung Sumber Rejo, Balikpapan tengah Kamis (17/9/2020).

 

Gubernur Isran Noor menanam tepat di sebelah Komjen Agus Andrianto. Gubernur pun sempat bertanya, obat apa yang digunakan jenderal bintang tiga itu hingga terbebas dari paparan Covid-19 pada Juli lalu.

 

“Obatnya apa Pak Agus waktu Covid kemarin?” tanya Gubernur Isran Noor, setengah berbisik.

Komjen Agus pun sontak menjawab. “Semua yang disarankan, saya minum Pak Gubernur,” tegas Kabaharkam Agus Andrianto, disambut tawa Gubernur dan puluhan wartawan serta para pejabat utama Polri dan TNI.

 

Pejabat tinggi Polri dengan ciri khas kumis tebalnya itu kemudian menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal yang luar biasa, seperti dikembangkan di Kampung Kangkung Sumber Rejo (Kang Bejo) ini. 

 

Apalagi kata dia, sampai hari ini pun belum ada obat yang dinyatakan bisa menyembuhkan virus ini. Vaksin Covid-19 hingga saat ini juga masih dalam proses uji coba di beberapa negara. 

“Di sini kita bisa minum jahe, madu, kencur, kunyit, ada juga yang pakai air lemon, ada yang pakai air garam. Segala macam kita punya. Ada ramuan tradisional, ada juga dari Cina.  Jangan saling mengganggu, silakan masyarakat memilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh,  karena dengan daya tahan tubuh yang kuat, kita bisa melawan Covid-19 ini,” beber Kabaharkam.

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk tidak stres, dan tetap hidup bahagia meski pandemi masih terus mengancam. (sul)

Berita Terkait