OKKPD Berupaya Terbitkan Sertifikat Prima 3

SAMARINDA – Sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat atau konsumen terhadap hasil pertanian atau pangan segar, Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Kaltim menerbitkan Sertifikat Prima 3.
“Kami berupaya memberikan rasa aman bagi konsumen terhadap pangan segar dan hasil pertanian. Saat ini lembaga kita (OKKPD Kaltim) telah melakukan pembahasan di tingkat pusat (OKKP untuk kewenangan menerbitkan Sertifikat Prima 3,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim juga selaku Ketua OKKPD Kaltim H Fuad Asadin.
Pembahasan yang dilaksanakan di tingkat pusat oleh OKKP Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk menerbitkan legalitas OKKPD Kaltim atas kewenangannya untuk menerbitkan Sertifikat Prima 3.
Sertifikat Prima 3 sebagai tanda/sertifikat diterbitkan OKKPD Kaltim terhadap produk pertanian khususnya tanaman pangan yang dinilai terbebas atau aman dari residu pertisida yang berbahaya bagi kesehatan konsumen.
Selain keamanan pangan segar hasil/produk pertanian juga mutu sumber makanan masyarakat yang terus diverifikasi dan diaudit oleh petugas OKKPD di tingkat lapang untuk selanjutnya diberikan label Prima 3 atau aman dan bermutu untuk dikonsumsi.
Namun demikian ujar Fuad, terpenting adalah petani selaku pemilik tanaman pertanian yang dibudidayakan  secara suka rela mendaftarkan produk pertanian untuk dilakukan verifikasi dan audit keamanan serta mutu pangan segar itu oleh petugas.
Sementara itu berbagai tanaman atau produk pertanian maupun pangan segar telah dilakukan verifikasi dan audit oleh petugas lapangan, termasuk tanaman atau buah lokal unggul Kaltim.
“Kita sudah melakukan verifikasi dan audit terhadap berbagai produk pertanian dan pangan segar termasuk buah dan sayuran lokal yang merupakan tanaman khas dan unggul Kaltim. Misalnya, buah Pepaya Mini Balikpapan serta sayuran berupa Kacang Panjang Balikpapan segera diterbitkan sertifikat Prima 3,” ungkap Fuad. (yans/hmsprov).

//FOTO : Petugas dari OKKPD Kaltim sedang melakukan verifikasi dan audit terhadap budidaya papaya mini di Balikpapan.(Ist)


 

Berita Terkait