Kalimantan Timur
Optimalkan Peran Camat dan Lurah

dok.humaskaltim

SAMARINDA - Kecamatan dan kelurahan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat. 

 

Hal ini yang kemudian menjadikan camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati/wali kota untuk dilaksanakan dalam wilayah kecamatan dan kelurahan/desa.

 

"Untuk itu, Pemprov Kaltim sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya peningkatan kompetensi para camat dan lurah," kata Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Polhukam H Wahyu Widhi Heranata mewakili  Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor ketika membuka Seminar Nasional Daring dengan tema Peran Strategis Camat dan Lurah sebagai Ujung Tombak Ketahanan Nasional di Wilayah Kalimantan Timur, Senin (23/11/2020).

 

Widhi katakan seminar ini akan semakin memacu kecamatan dan kelurahan/desa untuk menggali potensi yang dimilikinya, serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan pembangunan di waktu mendatang.

 

Pemprov Kaltim juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lemhannas RI yang bersedia menjadi narasumber utama pada kegiatan ini.

 

"Karena itu, kami berharap agar para camat terus berkoordinasi, bersinergi dengan kelurahan dan desa, agar sistem penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat," jelasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait