Optimis Dana Desa Cair Tepat Waktu

 

SAMARINDA - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPM) Provinsi Kaltim HM  Jauhar Efendi mengatakan, pencairan bantuan dana desa untuk tahap kedua  tahun 2017 bisa tepat waktu. Memang waktu tinggal dua bulan, kata Juhar tetapi itu tidak menjadi hambatan karena para kepala desa sebelumnya sudah berpengalaman dalam pencairan bantuan dana desa, seperti tahun-tahun sebelumnya. "Kita sangat optimis pencairan tahap kedua bisa tepat waktu, karena  para kepala desa seluruh kabupaten sudah mengajukan pencairan bantuan dana desa  tahap kedua dengan  melengkapi persyaratan dan laporan-laporan yang diperlukan," kata Jauhar.

 

Ditargetkan, November ini semua sudah cair, karena memang dari kabupaten sudah mengajukan tetapi masih dilakukan verifikasi. Tetapi kalau sudah sampai ke rekening  kas umum daerah, tentu segera dilakukan transfer ke rekening desa. "Oleh karena itu bagi desa yang sudah cair bisa segera dimanfaatkan secara maksimal untuk prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa," kata Jauhar.

 

Ditambahkan Jauhar, saat ini sudah ada Permendes baru yang mengatur pendanaan untuk bidang pembangunan bisa diarahkan untuk membangun lainnya seperti pembangunan  gedung, maupun pendanaan untuk program unggulan desa, maupun untuk pendanaan pembangunan sarana olahraga misalnya pembuatan lapangan sepakbola, dan sebagainya.  (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait