Organisasi Wanita Berperan Dukung Diversifikasi Pangan

SAMARINDA – Salah satu organisasi wanita, yakni Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) memiliki peranan sangat strategis mendukung percepatan penganekaragaman (diversifikasi) pangan  di masyarakat.

“PKK merupakan salah satu organisasi wanita yang memiliki kader hingga ke tingkat desa bahkan di lingkungan  Rukun Tetangga (RT). Karenanya peranan lembaga ini sangat strategis mendukung percepatan pencapaian diversifikasi pangan masyarakat,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim H Fuad Asadin.

Misalnya ujar Fuad, secara rutin melakukan sosialisasi sekaligus kegiatan cipta menu di lingkup kader PKK itu berada baik secara kelembagaan maupun kerjasama dengan aparat kelurahan, terutama untuk menggunakan dan memanfaatkan pangan lokal.

Cipta menu yang dilaksanakan para kader PKK tersebut dengan berbagai pola makanan  tanpa mengurangi kandungan gizi dalam pangan yang diperlukan tubuh. Bahkan, sebaliknya banyak pangan lokal yang memiliki kandungan gizi dan protein tinggi dengan harga murah.   

Menurut Fuad, pola konsumsi masyarakat dapat diatur tanpa harus tergantung dengan ketersediaan bahan pangan berupa beras dan terigu. Apalagi, kedua komoditi itu merupakan komoditi impor yang harus didatangkan dari negara lain dengan biaya tinggi.

Pola konsumsi masyarakat dilakukan melalui penganekaragaman pangan sebagai bagian dari upaya pemanfaatan komoditi pangan lokal yang dapat mengurangi ketergantungan masyarakat mengkonsumsi pangan impor.

“Berbagai pangan lokal dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai pangan konsumsi masyarakat. Misalnya, jagung dan ubi jalar ataupun singkong serta komoditi lokal lainnya.

Bahkan beras Musi atau Mutiara Singkong yang terus dikembangkan oleh kelompok tani dari Penajam Paser Utara agar dapat dikonsumsi masyarakat sebagai salah satu secara umum,” ungkap Fuad.(yans/adv)

Foto : Ny Ruzaimah Farid Wadjdy menyaksikan hasil olah menu diversifikasi pangan yang merupakan hasil dari lomba Cipta Menu yang digelar TP-PKK Kaltim beberapa waktu lalu.(maasdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait