Orientasi Dewan Hakim LPTQ 2020 Menanti Era Kejayaan Kaltim


BONTANG - Mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesra HM Sa'bani membuka Orientasi Dewan Hakim tingkat Provinsi Kaltim 2020, yang dipusatkan di Hotel Grand Mutiara Bontang, sejak 20-22 Februari 2020.

.

Orientasi diikuti 120 peserta terdiri Dewan Hakim, unsur Bagian Kesra serta Ketua LPTQ Kabupaten dan Kota se Kaltim.

.

Sa'bani menilai dewan hakim berperan strategis dalam menilai kemampuan para kafilah MTQ di Benua Etam, sehingga tercipta kafilah yang berkualitas.

.

"Kita ingin dengan memiliki dewan hakim yang berkualitas. Maka tercipta kafilah-kafilah yang andal pula. Artinya, dewan hakim harus lebih subyektif dalam menilai peserta, ketika pelaksanaan MTQ," kata Sa'bani usai membuka orientasi dewan hakim di Bontang, Kamis (20/2/2020) malam.

.

Dengan kualitas dewan hakim yang luar biasa, tentu prestasi kafilah Benua Etam semakin bagus. Sehingga mampu bersaing dengan kafilah dari provinsi lainnya bahkan luar negeri.

.

Menurut Sa'bani, masyarakat Kaltim merindukan masa kejayaan para kafilah Kaltim yang di era 80an, 90an dan 2007 mampu meraih prestasi membanggakan baik nasional maupun internasional.

.

"Karena itu, kita harapkan ada regenerasi mulai dewan hakim, pelatih maupun qori dan qoriah asal daerah ini yang mampu membewa prestasi layaknya kejayaan Kaltim terdahulu," jelasnya.

.

Ketua Panitia Orientasi Dewan Hakim yang juga mantan Ketua NU Kaltim KH Muhammad Rasyid mengatakan orientasi bertujuan menyatukan sistem penilaian di masing-masing lomba. Sehingga penilaian lebih subyektif. Sedangkan cabang yang dilombakan pada MTQ ke-42, yaitu tilawah, qiraah, tartil, kaligrafi quran, mushabaqah makalah alquran.

.

Hadir Ketua Umum LPTQ Pusat KH Said Agil Husin Al Munawar yang juga Menteri Agama RI Era Kabinet Gotong Royong, Karo Kesra H Elto, Wakil Walikota H Basri Rase, Asisten Bidang Pembangunan Zulkifli dan unsur Pengurus LPTQ Kabupaten/Kota.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait