Ormas Harus Memberikan Manfaat

Isran Noor

SAMARINDA - Kehadiran organisasi masyarakat (ormas) diharapkan dapat memberikan nilai manfaat bagi rakyat Kaltim, baik di bidang keagamaan maupun kepemudaan hingga bisnis dan perekonomian. Karena itu, setiap ormas harus memiliki niat yang baik dalam menjalankan program kerja. Termasuk tidak mencari-cari persoalan orang lain atau organisasi yang lain.

"Yakin saja dengan apa yang menurut kita benar. Insyaallah jalannya akan baik. Karena itu, diharapkan setiap ormas di Kaltim aktif memberikan nilai manfaat bagi masyarakat," kata Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor ketika menerima kunjungan sejumlah tokoh masyarakat di Ruang Kerja Gubernur, Selasa (15/1/2019).

Dalam perjalanannya,  satu ormas tentu ada yang suka dan tidak suka. Isran mengatakan jalan saja sesuai aturan perundang-undangan. Karena, jika jalan itu baik tentu hasilnya akan baik.

Apalagi, Pemprov Kaltim saat ini sedang membangun berbagai sektor, baik infrastruktur hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia di tengah masyarakat. Karena itu, peran ormas sangat diharapkan membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan daerah. "Menyukseskan pembangunan daerah merupakan tanggung jawab kita bersama. Jika kita tidak memiliki tanggung jawab terhadap daerah ini, maka peran kita tidak ada apa-apanya terhadap masyarakat," jelasnya.

Karena itu, jika semua telah terbangun dengan baik, yaitu terbangun kekompakan antara berbagai pihak dengan pemerintah, terutama organisasi masyarakat dengan pemerintah dan membuat orang lain sadar bahwa apa yang dilakukan berguna bagi masyarakat. Maka, semua itu akan menghasilkan kebaikan bagi masyarakat maupun diri sendiri. "Itu akan menjadi amal ibadah tersendiri bagi kita. Asalkan apa yang dilakukan memiliki nilai manfaat," jelasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait