P3UKM Disperindagkop Dorong Promosi Pasar Usaha Kecil dan Menengah

SAMARINDA -  Mendorong produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kaltim agar diminati dan lebih melekat di hati masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pengembangan dan Promosi UKM (P3UKM) Kaltim kembali menggelar ajang tahunan hasil-hasil produk kerajinan dan pangan lokal.
Hal itu dikatakan Kepala P3UKM Dinas Perindagkop Kaltim, Muhammad Aidil saat pembukaan Gelar Produk Kemilau Karya UKM Kaltim 2013 di Samarinda, Senin (29/4) terkait kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong dan menggairahkan produk UKM di Kaltim agar terus dikenal masyarakat luas, melalui bantuan promosi.
“Tiap tahun produk UKM baik kerajinan maupun pangan terus berinovasi dan berkembang, produk-produk itulah yang tiap tahun kita perkenalkan kepada masyarakat agar lebih dikenal secara luas melalui promosi Gelar Produk Kemilau Karya UKM ini,” ujarnya.
Kegiatan diselenggarakan sejak 2010 ini, biasanya juga menggandeng mitra UKM dari luar Kaltim. Pada 2010, UPTD P3UKM bekerjasama dengan pengrajin kulit dari Desa Tanggul Angin Sidoarjo Jawa Timur, pada 2011 bekerjasama dengan pengrajin bordir dari Bangil Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.
Aidil merencanakan pada 2014, akan menggandeng pengrajin dari Jawa Barat dan Jawa Timur, agar masyarakat luas dapat mengenal dan membandingkan produk setempat dengan produk yang diproduksi pengrajin dari daerah lain provinsi lain.
Dijelaskan, konsumen saat ini cenderung lebih teliti dan cerdas dalam memilih produk berkualitas. Ini mengharuskan produsen, baik usaha kerajinan dan makanan harus meningkatkan mutu dan inovasi produk agar tidak tertinggal dengan kemajuan jaman.
“Kompetisi antar pengusaha dan pengrajin sangat tinggi. Begitupun tuntutan  produk yang berkualitas oleh konsumen. Ini menjadikan setiap produsen harus mampu meningkatkan mutu dan jumlah produksi,” ujarnya.
Kegiatan yang berlangsung 29 April - 5 Mei ini diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dan promosi yang luas kepada masyarakat, diikuti 30 UKM binaan P3UKM Disperindagkop Kaltim dan 17 distributor Sembako.
Produk yang ditawarkan dalam kegiatan ini sangat beragam mulai dari Sarung Tenun Samarinda, Batik Kaltim, kaos bermotif, produk rotan dan kayu, aksesoris manik-manik, serta barang olahan dan makanan ringan.
“Kita berharap para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kota Samarinda serta  masyarakat luas dapat memanfaatkan acara ini untuk membeli dan mengenal lebih jauh tentang produk-produk yang dihasilkan pengusaha kecil dan menengah di Kaltim,” harapnya.(yul/hmsprov).

///Foto : Sejumlah produk yang dipamerkan pada Gelar Produk Kemilau Karya UKM Kaltim 2013.(yuliawan/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation