Pada Peringatan HUT Kabupaten Berau

Pemprov Siap Resmikan 16 Proyek

SAMARINDA - Pemprov Kaltim akan meresmikan dan melakukan groudbreaking proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Baerau berkenaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-62 Berau dan ke-205 Kota Tanjung Redeb.

"Proyek-proyek yang akan diresmikan  maupun  yang digroudbreaking tersebut merupakan proyek yang dibiayai APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten Berau," kata Plt Sekprov Kaltim Ir H Rusmadi. 

Dikatakan Rusmadi, secara keseluruhan terdapat 20 proyek. Sebanyak  16 proyek diresmikan dan 4 proyek yang akan digroundbreaking. Rencananya dilaksanakan pada 10 September 2015 yang akan dipusatkan di Pulau Maratua, Kabupaten Berau.

"Adapun proyek-proyek  yang akan diresmikan  itu adalah Bandara Maratua (apron dan landasan pacu), Rumah Sakit Pratama di Talisayan, Akademi Komunitas Barau, SMK Perikanan di Tanjung Batu, Dermaga Semurut, peningkatan jalan luar Kota Kecamatan Gunung Tabur dan Kantor Arsip Berau.

"Kemudian Kantor Dinas Tenaga Kerja, Gedung Perpustakaan dan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air  (Kecamatan Segah, Biatan dan Maratua)," ujarnya.

Selain  itu lanjutnya,  peresmian lainnya adalah pembangunan turap Gunung Tabur dan Sambaliung, PLTU 2x10 MW di Teluk Bayur, PLTU 2x10 MW di Gunung Tabur, PLTU 2x3 MW  di Gunung Tabur, pembangunan PLTS (listrik komunitas Kecamatan Maratua, Segah dan Kecamatan Talisayan.

"Sementara 4 proyek yang  akan digroundbreaking  yaitu pembangunan terminal penumpang Bandara Maratua, pembangunan PLTU LATI unit IV Kecamatan Gunung Tabur, pembangunan jalan Gurimbang-Sukan Kecamatan Sambaliung serta pembangunan SMA Unggulan di Sambaliung," beber Rusmadi.  

Rusmadi menambahkan, rangkaian persiapan peresmian proyek maupun groundbreaking sudah  dilakukan dengan pembentukan tim peresmian dengan melibatkan Pemkab Berau, dinas instansi terkait, baik di lingkup provinsi maupun Kabupaten Berau. 

Untuk peresmian maupun groundbreaking proyek, Pemprov Kaltim sudah mengundang  Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.  (mar/sul/adv)

 

Berita Terkait