Pagi di Desa Teluk Sumbang yang Asri

Pemandangan pantai Desa Teluk Sumbang (Fathur/humasprovkaltim)

BERAU - Hamparan pantai membentang dengan ribuan pohon nyiur melambai-lambai diterpa hembusan angin yang sejuk. Burung-burung beterbangan keluar dari sarangnya. Sinar matahari mulai mengintip dibalik gunung yang tertutup embun tebal menyelimuti kawasan Desa Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-Biduk, Berau di pagi hari. 

Di sekitar pantai, tak hanya pohon kelapa yang berjejer rapi, aneka tumbuhan dan bunga liar pun tumbuh subur. Di antaranya ada tanaman adas. Tumbuhan liar dengan bunga berwarna merah muda dan buah bulat kecil-kecil itu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Tak jauh dari pantai, ada sebuah jembatan kayu penghubung di desa itu. Dari atas jembatan, tampak air begitu jernih hingga terlihat ribuan ikan berenang. Ada ikan belang, julung-julung, ikan hias, hingga ular laut pun nampak. 

Melewati jembatan kayu ini pula anak-anak dengan kemeja putih dan bawahan merah mulai berangkat untuk menuntut ilmu di Sekolah Dasar (SD). Anak-anak itu tampak malu-malu saat dipotret oleh tim Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Pemprov Kaltim. Ketika ditanya kelas berapa, anak-anak itu hanya tersenyum polos. 

Tampak warga desa melakukan aktivitasnya. Nelayan datang dengan tangkapan ikan yang dibawanya. beberapa ikan kecil dan seekor ikan tuna besar. 

"Beratnya hanya 6,5 kilogram," tutur seorang nelayan ketika menimbang ikan, Selasa (5/11/2019). Dia bercerita pernah mendapatkan ikan yang lebih besar dari itu. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation