Paguyuban SKPD Provinsi-Vertikal Terbentuk

Paguyuban SKPD Provinsi-Vertikal Terbentuk

 

SAMARINDA – Dilatarbelakangi kesamaan tugas dan tanggungjawab dalam menyukseskan  seluruh program pembangunan di Kaltim sekaligus meningkatkan silaturahmi, dibentuk paguyuban satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kaltim dan instansi vertikal.

Menurut Plt Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi, selama ini hubungan dan komunikasi yang harmonis telah terjalin antar dinas/badan di lingkup Pemprov Kaltim dengan instansi vertikal (instansi kementerian/pemerintah pusat di daerah).

“Kesamaan tugas dan tanggungjawab untuk menyukseskan pembangunan di Kaltim ini perlu komunikasikan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan membentuk paguyuban SKPD ini,” kata Rusmadi usai pembentukan paguyuban SKPD provinsi-vertikal di Ruang Rapat Tepian I, Senin (25/8).

Rusmadi mengakui selama ini komunikasi formal telah terjalin sementara potensi komunikasi informal dapat dilakukan guna percepatan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan  dan pencapaian program pembangunan.

Karena itu lanjut Rusmadi dengan terbentuknya paguyuban instansi pemerintah daerah dengan instansi vertikal ini maka komunikasi dan koordinasi dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terbatas dengan situasi yang lebih akrab dan bersahaja.

Dengan kata lain jelas Rusmadi melalui paguyuban itu maka terjalin silaturahmi antar instansi. “Semoga kita bisa mengawali sesuatu yang baik dan direncanakan silaturahmi pertama paguyuban dengan  menggelar halal bihalal awal September,” ujarnya.

Pertemuan pembentukan paguyuban instansi/dinas pemprov dengan instansi vertikal dihadiri para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim maupun instansi vertikal. “Bagi yang tidak hadir pada hari ini (kemarin) akan kita komunikasikan,” tutur Rusmadi.

Rusmadi menambahkan, pembentukan paguyuban SKPD yang lahir atas inisiatif Gubernur Awang Faroek Ishak itu  dibangun atas komitmen terkait tugas dan tanggungjawab bersama untuk membangun dan memajukan Kaltim menjadi lebih baik lagi ke depan.

“Untuk kesinambungan paguyuban maka secara rutin akan dilaksanakan pertemuan informal di berbagai kesempatan. Rencana pertemuan periodik tiga bulan sekali diluar tugas formal baik ajang olahraga bersama maupun gelaran kesenian,” ungkap Rusmadi.

Paguyuban dinas/badan Pemprov Kaltim dengan instansi vertikal dibagi dalam beberapa bidang kerja dan memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengaktifkan paguyuban. Tampak pejabat mewakili pimpinan FKPD hadir serta para asisten dan kepala biro lingkup Setdaprov Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov)

////FOTO : H Rusmadi

 

Berita Terkait