Pameran Bursa Kerja Upaya Atasi Pengangguran

SAMARINDA - Penyelenggaraan Pameran Bursa Kerja atau yang juga dikenal dengan istilah Job Market Fair 2013 merupakan salah salah satu upaya Pemprov Kaltim untuk mengatasi pengangguran dengan memfasilitasi bertemunya perusahaan pengguna tenaga kerja sektoral dengan para pencari kerja dengan pola tatap muka langsung.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Disnakertrans) Kaltim, H Ichwansyah didampingi Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, HS Abdullah di Samarinda, Kamis pekan lalu, (28/3).
“Dalam rangka proses rekruitmen penerimaan tenaga kerja, pola tatap muka  ini diakui lebih menguntungkan diantara kedua belah pihak karena disamping dapat diterima langsung bekerja,  biaya rekruitmen yang sangat murah dampaknya juga  dirasakan langsung oleh perusahaan pengguna tenaga kerja,” ujarnya.
Dijelaskannya, dalam setiap pelaksanaan Pameran Bursa Kerja, Disnakertrans selalu melibatkan Kelompok Usaha Kecil (UKM) untuk mempromosikan hasil produknya dengan tujuan untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Kaltim khususnya di berbagai tempat saat penyelenggaraan pameran bursa kerja berlangsung.Pelaksanaan Pameran Bursa Kerja  atau Job Market Fair tahun 2013 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya sejak tahun 2010.   
 Tahun 2013 ini akan dilaksanakan di  empat  kota di Kaltim yaitu di  Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Tarakan.“Kegiatan Job Market Fair ini merupakan hasil kerjasama Disnakertrans Kaltim dengan pemerintah kota setempat. Dari pelaksanaan di empat kota di Kaltim ini ditargetkan daya serap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang dengan sasaran lowongan kerja dari perusahaan pengguna tenaga kerja sebanyak  400 perusahaan,” jelas Icwansyah.  
Selain kerjasama dengan empat kota di Kaltim, kegiatan ini juga bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim dan Lembaga Pelatihan Kerja Institute,  yang sebelumnya hanya dilaksanakan di  Samarinda,  telah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 1.435 orang.
Direncanakan pembukaan Pameran Bursa Kerja 2013 di Samarinda pada 10 April mendatang akan  dibuka Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, sekaligus melakukan launching Bursa Kerja Online (BKOL) dengan Website www.infokerja-kaltim.com yang sudah beroperasi sejak bulan Juni 2012 lalu.
Adapun tujuan pembukaan BKOL adalah untuk melayani kepentingan para pencari kerja dalam  mendapatkan informasi tentang lowongan kerja dari berbagai perusahaan pengguna tenaga kerja yang telah beroperasi di Kaltim. Caranya mudah,  cukup mengakses website www.infokerja-kaltim.com.
“Hingga 21 Maret 2013 telah tercatat sebanyak 20.694 pencari kerja yang telah memanfaatkan akses website tersebut. Dengan demikian para pencari kerja lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan  peluang kerja sesuai kompetensi dan minat mereka,” ucapnya. (yul/hmsprov).


 

Berita Terkait
Government Public Relation