Pameran PENAS KTNA XV Aceh 2017

 

Setiap Daerah Bisa Tampilkan OVOP

SAMARINDA – Keikutsertaan Kaltim pada perhelatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV Aceh 2017, diharapkan  bisa menjadi ajang promosi produk unggulan masing-masing daerah di Kaltim.

Kepala Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan Kaltim Ir H Ibrahim mengatakan pelaksnaan Penas KTNA  XV di Aceh, 6-11 Mei 2017 mendatang,  diharapkan setiap daerah atau kabupaten/kota bisa menampilkan produk unggulan masing-masing atau one village one product (OVOP). 

"Semua daerah bisa berpartisipasi dengan menyajikan  produk unggulan yang dianggap pantas dipromosikan secara luas," kata  Ibrahim saat rapat koordinasi persiapan Penas  KTNA  XV Aceh 2017 di Ruang Rapat  Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini. 

Ibrahim mencontohkan salah satu  produk unggulan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yakni suplemen khusus lelaki hasil olahan ekstrak tanduk rusa yang dipercaya ampuh membantu pasangan suami istri yang ingin memperoleh keturunan.  Kemudian sarung Samarinda dan amplang yang menjadi produk unggulan Kota Samarinda, serta produk unggulan daerah lainnya.

Bila perlu, sambung dia, tidak hanya sekadar membawa contoh untuk dipamerkan. Kabupaten/kota dipersilahkan membawa produk unggulannya dalam jumlah banyak untuk dijual pada perhelatan Penas  KTNA XV di Aceh mendatang.

Nantinya Kontingen Kaltim yang terdiri dari peserta provinsi dan kabupaten/kota serta beberapa pihak swasta  di Kaltim akan mengikuti pameran di bawah satu bendera Pemprov Kaltim.

Materi pameran lanjutnya,  mulai dari foto dan informasi kegiatan, termasuk produk unggulan yang bisa dijual untuk meningkatkan kesejahteraan petani nelayan di Kaltim.

"Selain itu, produk unngulan yang kita miliki, bisa lebih dikenal masyarakat  daerah lain di Tanah Air. Kami berharap ada transaksi-transaksi yang dapat meningkatkan taraf hidup para perani maupun nelayan kita," kata Ibrahim. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait