Pandemi dan Kemerdekaan Anak

Hj Norbaiti Isran Noor mengikuti kegiatan webinar PAUD Fair . (seno/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Bunda PAUD Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor menjadi pembicara dalam Web Seminar (Webinar) Nasional PAUD Fair bertema "Partisipasi Anak pada Kemerdekaan Selama Pandemi", Ahad (23/8).

 

Webinar ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-12 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda.

 

Norbaiti antara lain menyampaikan tentang gambaran umum kemerdekaan bagi anak, fungsi kemerdekaan bagi anak, dan cara menanamkan rasa kemerdekaan bagi anak di masa pandemi. 

 

"Golden age atau usia emas itu berlangsung pada balita usia 0-5 tahun. Maka sangat penting bagi kita untuk membangun karakter anak yang baik pada masa emas itu. Kita ajarkan kemerdekaan anak dalam batas yang semestinya," buka Norbaiti yang mengikuti Webinar PAUD Fair ini secara virtual dari kediaman pribadinya di Jalan Adipura No 21 Sungai Kunjang Samarinda.

 

Lebih dari itu, kata Norbaiti, di masa pandemi Covid-19 ini, rasa kemerdekaan harus tetap ditanamkan kepada anak. Mereka harus tetap mendapat hak  untuk belajar dan bermain, sambil mengajarkan mereka adaptasi kebiasaan baru di era New Normal.

 

Lanjut Norbaiti, jangan sampai karena pandemi Covid-19, anak justru kehilangan rasa kemerdekaannya. Anak justru menjadi takut dan tidak mendapatkan apa yang seharusnya didapatkan. Belajar dan bermain. 

 

"Belajar dan bermain harus tetap diberikan,  sekaligus melatih mereka untuk terbiasa dengan adaptasi kebiasaan baru," sambung Norbaiti yang juga Ketua TP PKK Kaltim itu.

 

Ketua HIMA PG PAUD Noraishah penyeleggara kegiatan ini sangat bersyukur karena di tengah kesibukan di masa pandemi Covid-19 ini, Bunda PAUD Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor masih berkenan meluangkan waktu untuk memberi wejangan kepada mahasiswa dan guru PAUD di Kaltim dan Indonesia pada umumnya.

 

Acara yang berlangsung dari pukul 10.10 Wita hingga 11.40 Wita juga dirangkai dengan tanya jawab dengan peserta webinar. (sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait