Panen Pedet dan Gemateramisu di Kabupaten Berau

ist

BERAU - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) melaksanakan panen Pedet (anak sapi) di Kampung Samburakat Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan yang dihadiri Bupati Berau H Muharram bersama istri, Hj Sri Juniarsih (Ketua TP PKK Berau) dirangkai dengan Gerakan Makan Telur, Daging dan Minum Susu (Gemateramisu).

"Jumlah pedet yang dipanen 80 ekor, namun yang bisa dibawa ke lokasi sekitar 60 ekor," sebut Kepala Disnak Keswan Kaltim Dadang Sudarya, didampingi Kabid Perbibitan dan Budidaya I Gusti Made Jaya Adhi.

Menurut dia, pedet-pedet hasil peternakan kelompok ternak tersebut tentu menambah populasi sapi Kaltim.

Dalam kesempatan yang sama ditampilkan hasil inseminasi buatan (IB) sapi-sapi extreme Limousine, Simental dan Brahman Cross (BC).

Sementara Bupati Berau Muharram menyatakan kebanggaannya dan senang atas kemajuan peternakan daerahnya.

"Saya tidak menyangka peternakan Berau sudah cukup maju dengan program IB, sehingga menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Berau Drh Mustaqim mengemukakan dalam upaya mendukung tercipta sumber daya manusia yang berkualitas maka tercukupi kebutuhan protein dan gizi melalui gerakan makan telur, daging dan minum susu.

"Menyukseskan Gema Teramisu maka dilaksanakan kerjasama (MoU) PKK dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Berau," ungkapnya.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait