Pangdam: Bantu Antisipasi Konflik Komunal

Latihan Posko I Resmi Ditutup

SAMARINDA – Latihan Posko I Korem (Komando Resort Militer) 091/Aji Surya Natakesuma yang digelar sejak 23-25 September resmi ditutup Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) VI/Mulawarman Brigjen TNI A Kadir Sultan.
Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI  Dicky Wainal Usman dalam sambutan tertulisnya mengatakan Latihan Posko I ini sangat strategis dan salah satu metode latihan taktis untuk melatih unsur komandan dan staf.
Penilaian keberhasilan latihan diukur dari kemampuan komandan dan staf menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat pengendalian operasi berlangsung dalam rangka membantu mengatasi terjadinya konflik komunal di wilayah.
Khususnya dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan operasi di masing-masing satuan, baik dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
“Latihan ini bernilai strategis, terutama bagi jajaran Korem sebagai Komando Kewilayahan bertanggungjawab menjamin terpeliharanya situasi kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah,” kata  Brigjend Kadir Sultan.
Guna melaksanakan tugas tersebut sangat diperlukan kinerja yang profesional dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh, sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat terselenggara dengan  baik.
Latihan-latihan yang dilaksanakan disesuaikan dengan perkembangan lingkungan, sehingga setiap ancaman dan gangguan yang terjadi dapat diantisipasi dan dicegah serta tidak memicu permasalahan menjadi besar.
“Kemampuan yang dimiliki senantiasa ditambah guna menciptakan peningkatan kinerja satuan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Selain itu, Latihan Posko I ini hendaknya dijadikan momentum memupuk jiwa kebersamaan dengan pemerintah daerah dan unsur terkait di dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” harapnya.
Latihan Posko I Korem 091/Aji Surya Natakesuma dengan sandi "Tombak" mengambil  tema Korem Melaksanakan Tugas Operasi Bantuan Kepada Polri Dalam Rangka Membantu Mengatasi Terjadinya Konflik Komunal di Wilayah. Latihan digelar Markas Korem 091/ASN. (yan/hmsprov)

///FOTO : Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI  Dicky Wainal Usman menyampaikan pengarahan pada latihan Posko I di Makorem 091/ASN.(Ist)


 

Berita Terkait
Government Public Relation