Panglima TNI Resmikan Kogabwilhan, Balikpapan Jadi Kogabwilhan II

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri upacara peresmian Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III di Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta (samsul/humasprovkaltim)

JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri upacara peresmian Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III di Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (27/09/2019).

Upacara peresmian dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dihadiri para kepala staf angkatan. Usai peresmian Kogabwilhan I, II dan III, Gubernur Isran mengaku sangat berbahagia dengan kepercayaan TNI memilih Kaltim (Kota Balikpapan) sebagai markas Kogabwilhan II.

"Panglima TNI pasti sudah mempertimbangkan geostrategis Balikpapan. Kalimantan kan ada di tengah Indonesia. Jadi kita harus dukung penuh," kata Isran.

Alasan lainnya lanjut Isran, bisa jadi karena posisi Kaltim yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo untuk menjadi ibu kota negara (IKN) baru.

Saat peresmian itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto sekaligus mengangkat Pangkogabwilhan I Laksda Yudo Margono akan  berkedudukan di Pangkal Pinang (Kepri), Pangkogabwilhan II Marsda Fadjar Prasetyo bermarkas di Balikpapan (Kaltim) dan Pangkogabwilhan III Mayjen Ganip Warsito berpusat di Biak (Papua).

Dalam arahannya, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menegaskan pembentukan Kogabwilhan ini dilakukan sebagai salah satu langkah TNI melakukan perkuatan daya tangkal terhadap berbagai potensi ancaman dari luar maupun dalam negeri.

"Perkembangan lingkungan strategis saat ini semakin kompleks dan eskalatif di berbagai belahan dunia. Ini menimbulkan ancaman terhadap kepentingan nasional, baik ancaman militer maupun ancaman non militer," kata Panglima Hadi Tjahjanto.

Lebih jauh dijelaskan,  pembentukan Kogabwilhan ini pada prinsipnya sebagai kesiapsiagaan TNI dalam penanganan krisis dengan membagi tiga teritori Indonesia menjadi tiga bagian.

Upacara ditutup dengan berbagai atraksi keterampilan para prajurit TNI. Ikut menyaksikan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait