Panitia Mantapkan Persiapan HUT ke-68 Kemerdekaan RI
SAMARINDA - Persiapan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2013 terus dimantapkan. Tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh panitia dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. 
Demikian dikatakan Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kaltim, H. S. Fathur Rahman usai memimpin rapat kesiapan pelaksanaan HUT RI Ke-68 di Ruang Rapat Tepian Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (1/8). 
"Inti dari peringatan HUT RI ini adalah upacara detik-detik proklamasi yang akan dipusatkan di GOR lapangan parkir Stadion  Madya Sempaja. Sebelumnya, juga dilaksankan upacara renungan suci di makam pahlawan, penyerahan duplikat bendera hingga upacara penurunan bendera pada sore harinya," ujarnya. 
Lanjutnya, setiap tahun Pemprov Kaltim selalu bekerjasama dan melaksanakan secara bersama-sama dengan Pemerintah Kota Samarinda dalam penyelenggaraan HUT RI. Ini berbeda dengan kabupaten/kota lainnya yang melaksanakan di masing-masing tempat dengan Inspektur Upacara bupati/walikota. 
Didampingi Kepala Biro Pemerintahan Umum, Hj. Ismiati dijelaskan selain upacara juga akan diadakan pameran pembangunan, pawai pembangunan dan panggung hiburan rakyat dengan menampilkan artis-artis ternama. Pameran pembangunan akan dilaksanakan di lapangan parkir stadion Madya Sempaja dan akan diikuti peserta dari perwakilan kota-kota negara sahabat, yaitu Sabah dan Sarawak, Malaysia serta dari Nortern Teritory Australia. 
Hingga kini panitia sedang memantapkan kesiapan dilapangan seperti penyeragaman spanduk, baliho dan penempatannya. serta kesiapan anggota peserta upacara yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda dan kemasyarakatan serta anggota TNI/Polri. 
"Dalam upacara detik-detik proklamasi, Pemerintah Provinsi Kaltim akan memberikan penghargaan kepada para tokoh yang berjasa dalam pembangunan di Kaltim," jelasnya. 
Fatturahman mengimbau masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam menyambut peringatan HUR RI Ke-68 ini dengan ikut serta menjaga kebersihan lingkungan, melakukan gotong royong dan tentunya mengibarkan bendera merah putih sebelum dan sesudah tanggal 17 Agustus. 
"Kita mengundang kelompok dan paguyuban masyarakat di Kaltim untuk dapat ikut serta dalam pawai pembangunan. Panitia akan menyediakan hadiah bagi peserta terbaik dalam penampilannya," ujarnya.(yul/hmsprov)
 
Berita Terkait