Pansel Umumkan 7 Nama Calon Sekda Kaltim

Lulus Seleksi Administrasi

SAMARINDA - Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama (JPT)  Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim secara resmi mengumumkan 7 nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Pengumuman ditandatangani Ketua Panitia Seleksi, Drs Eko Sutrisno, M.Si dengan nomor 005/PANSEL-JPT Madya-KT/11/2015, tertanggal 10 November 2015.

Tujuh nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi itu adalah  Drs Firmananur, M.Si (Sekretariat Daerah Tarakan),  Ir H Ichwansyah MM (Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim), Dr Meiliana SE MM (Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim), Dr HM Aswin MM (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim), Ir Muhammad Sabani M.Sc (Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim), Dr Ir H Rusmadi MS (Bappeda Kaltim) dan Dr Ir H Zairin Zain (Dinas Perhubungan Kaltim).

 "Semua pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi kami umumkan Senin, 10 Nopember 2015 pukul 15.30 Wita hari ini (kemarin). Pengumuman ini tepat waktu sesuai jadual," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, HM Yadi Robyan Noor, selaku Sekretaris Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Selasa (10/11).

Selanjutnya, para peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut harus menjalani tahapan seleksi lanjutan yakni, seleksi penulisan makalah yang akan dilaksanakan pada 16 Nopember mendatang. Menariknya, penulisan makalah hanya akan dilakukan dengan penulisan komputer dan bukan penulisan makalah dengan tulisan tangan. Makalah akan langsung dinilai dan diumumkan pada hari yang sama.

Peserta yang penulisan makalahnya dinyatakan lulus, akan melanjutkan dengan seleksi presentasi atas makalah yang telah ditulis. Presentasi dilaksanakan pada 17 November 2015. Semua rangkaian mulai dari penulisan makalah dan presentasi makalah akan dilakukan di Gedung Asesstment Center di Jalan Kartini Samarinda.

"Metode penulisan makalah ini semua menggunakan komputer, tidak ada tulis tangan. Kuncinya harus bisa komputer dan selanjutnya akan ada panduan dari panitia seleksi nasional yang wajib diikuti," jelas Robby, sapaan akrabnya.

Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus seleksi presentasi makalah akan dilakukan pada 18 November 2015. Selanjutnya akan dilakukan uji publik kepada nama-nama calon Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim yang telah dinyatakan lulus pada seleksi presentasi makalah tersebut.

Uji publik akan dilakukan pada 20 November hingga 27 November 2015. Uji publik ini akan menjadi ruang yang sangat terbuka bagi masyarakat untuk menilai dan mengajukan protes atau keberatan terhadap para calon Sekda.

"Form standar portofolio sudah kami siapkan di ruang uji publik, melalui website www.kaltimbkd.info. Namun semua harus jelas. Mulai dari alamat, nomor telepon dan masukan yang disampaikan juga harus jelas," imbuhnya.

Selanjutnya, pada 27 Nopember 2015 yang masih menjadi bagian akhir uji publik akan dilakukan tatap muka antara seluruh peserta seleksi menghadirkan para pemberi masukan portofolio, lembaga swadaya masyarakat dan seluruh stake holder untuk membahas para calon yang ada serta memberikan masukan secara langsung. Gubernur Awang Faroek Ishak rencananya akan hadir dalam tatap muka tersebut.

Berikutnya dilakukan asesstment center kepada para calon Sekda yang lolos uji publik pada 7-8 Desember. Tiga besar nama calon Sekda nantinya akan disampaikan ke Sekretariat Kabinet dan dijadualkan pengumuman hasil akhir untuk nama Sekda definitif akan dilakukan pada 18 Desember 2015.

Penjadualan ulang hanya akan dilakukan jika pada tenggang waktu tersebut ada kegiatan nasional yang sangat penting hingga mengganggu jadual panitia seleksi nasional. Jika tidak ada aral melintang, maka Sekda Kaltim definitif sudah bisa diumumkan pada 18 Desember mendatang.

Para pendaftar yang lulus seleksi administrasi diminta agar membaca dengan seksama pengumuman lengkap dengan jadualnya. Mereka juga diminta memperhatikan dengan baik pengumuman yang menjelaskan persiapan sebelum mengikuti pelaksanaan seleksi penulisan makalah, seleksi presentasi dan wawancara. Semua pendaftar wajib mengikuti semua tahapan seleksi jika dinyatakan lulus. (sul/hmsporv)

Berita Terkait
Government Public Relation