Pansus Cari Masukan ke BNPB

Sempurnakan Raperda Penanggulangn Bencana


JAKARTA - Panitia Khusus (Pansus)  Raperda tentang Penanggulangan Bencana Daerah menggelar pertemuan dengan jajaran Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) untuk mencari masukan dan evaluasi  terkait penyusunan Raperda yang  terus digodog agar lebih sempurna.
"Setelah disahkan, Raperda ini akan menjadi payung hukum untuk penanggulangan bencana di daerah, sekaligus sebagai aturan pelaksanaan dari peraturan perundangan-undangan yang lebih tinggi," kata Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, H Wahyu Widhi Heranata usai pertemuan di Jakarta, Senin (1/4).  
Penanggulangan bencana diharapkan dilakukan dengan koordinasi yang lebih baik setelah disahkan Raperda ini. Bencana dan musibah tidak pernah diharapkan,  tetapi antisipasi datangnya bencana dan upaya penanggulangan harus dipersiapkan sejak dini.
Wahyu menjelaskan, Raperda ini juga mempertimbangkan kondisi geografis Kaltim yang juga rawan bencana terutama banjir, tanah longsor maupun kebakaran yang berakibat menghambat pelaksanaan pembangunan, sehingga perlu diantisipasi dan penangulangan secara terkoordinir dan terpadu serta cepat dan akurat.
Dia juga memberikan apresiasi kepada Pansus Raperda penangulangan bencana yang  telah bekerja maksimal menyempurnakan rumusan Raperda agar kelak  memberi manfaat yang besar untuk kepentingan masyarakat.
Sementara itu Ketua Pansus Pembahas  Raperda Penangulangan Bencana Andarias P Sirenden mengataksan, Pansus terus menggali masukan dari berbagai pihak termasuk BNPB  agar isi Raperda lebih lengkap.
Setiap kekurangan perlu disempurnakan,  sehingga seluruh kepentingan sejumlah pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana daerah, baik dari unsur pemerintah, swasta, maupun komponen masyarakat lain, dapat diakomodasi dan tidak ada yang ditinggalkan.
"Pansus juga akan  menggelar uji publik di Balikpapan untuk  menyerap masukan dari berbagai pihak, sebagai bahan penyempurnaan akhir Raperda sebelum disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kaltim, setelah sebelumnya berkonsultasi dengan Mendagri," ujar Andarias.
Sementara itu  Sekretaris Utama BNPB  Fathul Hadi mengatakan, menyambut baik kedatangan Pansus Raperda Penangulangan Bencana  Kaltim dan BNPB  akan membantu dengan mengevaluasi rancangan  yang kurang sempurna agar lebih baik lagi. “BNPB sangat terbuka membantu menyempurnakan Raperda ini agar lebih baik,” ujarnya.(sar/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation