Pantau Pilkada Bareng Forkopimda, Gubernur : Siapapun Terpilih Harus Kita Dukung

Memberi pengarahan bersama Pj Bupati Kukar Edi Damansyah di TPS 01 Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang.

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersyukur pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (27/6) berjalan lancar, aman dan damai.

GUB_PILKADA_KALTIM_1

Gubernur melambaikan tangan kepada para nara pidana yang menggunakan hak pilih mereka di TPS 07 dan 08 di Lapas Kelas IIA, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. 

Hal itu disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak usai melakukan pengamatan langsung ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Samarinda dan Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. 

Pemantauan pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018  dilakukan Gubernur Awang Faroek bersama Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Ir H Boytenjuri dan Pj Sekprov Kaltim Hj Meiliana. Tampak  dalam rombongan Kajati Kaltim Ely Shahputra dan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, dan tentu saja mereka didampingi Ketua KPU Kaltim M Taufik dan Ketua Bawaslu Kaltim M Saiful.

GUB_PILKADA_KALTIM_5

Para petugas KPPS TPS 01 Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang foto bareng Gubernur Awang Faroek.(Tim Humasprov)

"Saya bersyukur karena Pilkada Kaltim 2018 berlangsung sukses, aman dan lancar. Sejak pagi,  bersama jajaran Forkopimda Kaltim kami telah lakukan pemantauan ke beberapa TPS dan juga melakukan teleconference dengan Desk Pilkada di 10 kabupaten dan kota, serta jajaran Kementerian Dalam Negeri. Syukur alhamdulillah semua berlangsung aman dan lancar," kata Awang di Kantor Gubernur, Rabu sore kemarin.  

Gubernur Awang Faroek Ishak dan rombongan mengawali monitoring di TPS 06 Kelurahan Jawa Samarinda Ulu. Jumlah pemilih sebanyak 204 orang. Rombongan Gubernur diterima Camat Samarinda Ulu Muhammad Fahmi. TPS se-Samarinda ulu sebanyak 294 unit. 

IMG_20180627_WA0021

Gubernur Awang Faroek dan Hj Encek Amelia Suharni Faroek melakukan pencoblosan TPS 003 RT.22 Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Kota.

Rombongan kemudian lanjut ke TPS 07 dan 08 di Lapas Kelas IIA, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. Di TPS 07 sebanyak 289 pemilih dan TPS 08 terdapat DPT 510 pemilih dan total 799 pemilih.

Peninjauan juga dilakukan ke TPS 02 Teluk Lerong Ulu. Di TPS ini terdapat DPT sebanyak 170 pemilih. Dari TPS 02 Teluk Lerong Ulu, rombongan melanjutkan monitoring ke TPS 01 Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang. Di TPS ini terdapat DPT sebanyak 170 pemilih.

Dalam pengamatannya, meski beberapa daerah sempat diguyur hujan sejak pagi, Gubernur Awang Faroek melihat animo masyarakat untuk memilih tetap tinggi. "Mudah-mudahan partisipasi pemilih kita meningkat," kata Awang.

GUB_PILKADA_KALTIM_3

Bersama jajaran Forkopimda dan pejabat pusat memantau sejumlah TPS.

Gubernur juga berpesan agar masyarakat Kaltim dapat terus menjaga kondusifitas daerah pasca pelaksanaan pemungutan suara. Masyarakat dan tim pendukung masing-masing pasangan calon diimbau agar menghormati semua tahapan Pilgub hingga penetapan hasil akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim. 

"Siapapun yang nanti terpilih harus kita dukung agar pembangunan bisa terus dilanjutkan dan rakyat makin sejahtera. Pesan saya, pasangan calon dan timses yang menang tidak jumawa dan yang kalah tidak putus asa. Mari kembali bersatu untuk Kaltim yang kita cintai bersama," ucap Awang.  

Hingga sore kemarin berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan calon nomor urut 3 Isran-Hadi masih unggul. Sedangkan rekapitulasi hasil penghitungan suara resmi KPU akan dilakukan pada  28 Juni hingga 9 Juli mendatang. (tim humasprov/humasprov)

Berita Terkait