Pariwisata Butuh Dukungan Infrastruktur

Keindahan laut dan bawah laut kepulauan Derawan sangat eksotik. Namun sayang, pengembangan potensi kawasan ini masih banyak terkendala persoalan infrastruktur. Pariwisata Kaltim sangat membutuhkan infrastruktur yang memadai untuk dapat terus menjadi kekuatan ekonomi andalan Kaltim masa depan. (dok/h

Pariwisata Butuh Dukungan Infrastruktur  

 

SAMARINDA - Aneka ragam budaya dan daya tarik alam yang sangat indah menjadikan Kaltim sebagai salah satu destinasi wisata para pelancong domestik maupun mancanegara. Pengembangan objek-objek wisata di Kaltim harus didukung dengan infrastruktur yang memadai sehingga dapat menunjang  peningkatan kunjungan  wisata setiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Syafruddin Pernyata  mengakui  bahwa Kaltim memang banyak mengalami hambatan untuk mempromosikan kebudayaan maupun pariwisata yang ada. Namun hal ini tidak mengurungkan niat untuk menjadikan Kaltim sebagai salah satu daerah tujuan wisata tanah air.  

 

Dikatakan Kaltim terus berupaya membangun objek-objek wisata daerah sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata nasional dan internasiosnal, karena obyek-obyek wisata yang ada memiliki  daya tarik dan karakteristik  tersendiri yang membuat  kagum  para wisatawan, tidak hanya untuk wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara.

 

"Namun yang menjadi permasalahan adalah  akses masuk atau infrastruktur  jalan   menuju obyek wisata yang ada harus terus dibenahi sehingga memudahkan para pengunjung bisa menikmati keindahan obyek wisata yang dikunjungi," kata Syafruddin Pernyata. 

 

Dikatakan, Kaltim masih fokus kepada pembangunan infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan yang menjadi kebutuhan primer demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi ketimpangan wilayah. Oleh karena itu perlu sinergitas dengan para kepala daerah serta stakeholders untuk mendukung pengembangan pariwisata Kaltim.

 

Menurutnya, pengembangan pariwisata menjadi salah satu kekayaan yang harus menjadi perhatian pemerintah karena meskipun  Kaltim sebagai salah satu provinsi dengan kekayaan alamnya yang berlimpah, tidak dipungkiri Kaltim tidak akan bisa terus menerus bertahan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut. "Sektor pariwisata akan menjadi sektor yang menjanjikan untuk percepatan pembangunan masa depan," ujarnya. (mar/sul/humasprov) 

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation