Partisipasi Perempuan Berikan Kontribusi Penting Bagi UPPKS

SANGATTA - Perempuan memiliki peran penting dan strategis dalam membangun eksistensi sebuah keluarga. Partisipasi perempuan ikut memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi keluarga dan penanggulangan kemiskinan.

Pemerintah terus mendorong dan meningkatkan peran perempuan dalam bidang ekonomi melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) Kaltim Halda Arsyad, salah satu unsur keluarga yang berkontribusi dalam bidang ekonomi adalah perempuan. "Perempuan melalui UPPKS akan sangat berkontribusi dalam penguatan ketahanan  dan peningkatan kesejahteraan keluarga bahkan masyarakat," katanya didampingi Kabid PPKB Sihabudin, Rabu (8/5/2019).

Dijelaskannya, keluarga dalam pembangunan memiliki porsi dan kontribusi penting sebagai institusi sosial dasar yang memberikan sosialisasi awal berupa pendidikan nilai dan norma pada anggota keluarga. Melalui keluarga pula, ujarnya, pondasi awal membentuk kualitas sumber daya manusia. "Hal ini menjadi indikator capaian pembangunan yaitu indeks pembangunan manusia (IPM)," ungkapnya.

Guna meningkatkan kualitas dan kapasitas perempuan dalam keluarga dibidang ekonomi, maka DKP3A telah menggelar Penyuluhan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Mencapai Keluarga Sejahtera untuk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari ini diikuti sebanyak 50 peserta berlangsung di Hotel Pinang Sangatta, Selasa (30 April 2019). "Kelompok UPPKS diberikan materi pembuatan produk makanan olahan dan produk kerupuk jengkol," ujarnya.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation