Partisipasi Perempuan di Dunia Politik

Pemprov Kaltim Bangkitkan Semangat

SAMARINDA -  Pemprov Kaltim terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan Kapasitas Personal (Capacity Building) bagi perempuan di Kaltim dalam segala bidang pembangunan khususnya dunia politik.
“Melalui kegiatan Workshop capacity building yang rutin diselenggarakan ini saya anggap sangat penting sebagai upaya membangkitkan semangat kaum perempuan di Kaltim untuk terus berkembang meningkatkan kepercayaan diri berpartisipasi terutama keterwakilan mereka di dunia politik sebagai perwujudan kesetaraan gender dalam pembangunan,” kata Asisten Pemerintahan Umum, AS Fathurrahman.
Hal tersebut dikatakannya ketika mewakili Gubernur Kaltim pada Workshop Capacity Building Peran dan Posisi Perempuan di Bidang Politik yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB) Kaltim dan kerjasama Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kaltim, di Samarinda, Sabtu (20/7).
Dia mengatakan, Pemprov Kaltim telah berkomitmen bahwa pembangunan hakekatnya ditujukan untuk seluruh masyarakat tanpa membedakan antara laki-laki dan perempuan sebagai pelaku maupun pemanfaat pembangunan.
Dengan keberhasilan dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender ujarnya, secara langsung akan berdampak pada peningkatan kapasitas perempuan, sehingga keterwakilan perempuan pada pembangunan disegala bidang akan semakin besar.
“Ada banyak program dibidang pemberdayaan perempuan contohnya seperti kegiatan ini yang dikhususkan bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia politik. Namun tidak hanya itu saja, ada banyak lagi seperti pada pemberdayaan di bidang ekonomi perempuan” katanya.
Dengan adanya kegiatan seperti ini dia berharap selangkah demi selangkah dengan koordinasi yang baik dengan kabupaten/kota akan mampu meningkatkan peran perempuan khususnya di Kaltim.
Ketua Panita Pelaksana, H Sofiyan Noor mengatakan, workshop tersebut mengangkat tema “Membangun kapasitas diri mewujudkan keterwakilan perempuan bidang politik”.
Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu menyamakan persepsi tentang makna berpolitik guna mewujudkan peningkatan keterwakilan perempuan di bidang politik, mendorong kaum perempuan untuk lebih eksis meningkatkan peransertanya di bidang politik dan peningkatan potensi dan kapasitas diri perempuan dalam membangun citra diri
“Kegiatan ini secara khusus juga ditujukan untuk mengidentifikasi strategi dan kegiatan pemenuhan hak-hak perempuan di bidang politik dalam rangka peningkatan perempuan untuk menghadapi Pemilihan Anggota Legislatif pada Pemilu 2014-2018,” katanya.
Pada kesempatan itu hadir sebagai narasumber Ketua KPPI Kaltim, Hj Encik Widyani dengan materi Strategi dan kiat sukses mewujudkan keterwakilan perempuan di bidang politik. Mekanisme pengawasan pemilihan umum anggota dewan oleh Ketua Bawaslu Kaltim Khaerul Akbar. Serta Teknik mendulang suara berbasis konsistuen dan Komunikasi efektif serta strategi promosi diri dan pengemasan isu, oleh Indonesia Multi Management, Drs Djanalis Djanid. (ina/hmsprov)

//Foto: Asisten Pemerintahan Umum, AS Fathurrahman membaca sambutan pada pembukaan Workshop Capacity Building Peran dan Posisi Perempuan di Bidang Politik. (ina nurindah/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait