Pasangan H Kailani dan Hj Raudhah Raih Keluarga Sakinah Teladan 2015

Bere Ali:  Layak Menjadi Contoh Bagi Keluarga yang Lain

SAMARINDA - Keluarga sebagai masyarakat terkecil, menjadi landasan utama pembangunan  moral bangsa, sehingga bisa dipastikan, apabila di dalam keluarga  mengalami penurunan  moral, maka lebih luas pengaruhnya pada dekadensi dan distorsi moral bangsa.

"Masyarakat  yang terbangun dari keluarga-keluarga sakinah adalah masyarakat marhamah yang selanjutnya  membentuk bangsa yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Artinya bangsa yang baik adalah bangsa yang mendapat ridha dari Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali yang mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada acara Pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Provinsi Kaltim 2015 yang dilaksanakan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis, (5/11).

Menciptakan keluarga sakinah, kata Bere Ali, tidak akan mudah tanpa kerjasama  yang baik antara ayah dan ibu. Selain itu juga harus melalui proses yang panjang, karena antara yang satu dengan anggota keluarga lainnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Di sinilah diperlukan proses pembelajaran secara terus menerus dari kehidupan, lebih-lebih belajar tentang baik buruknya kehidupan keluarga dan rumah tangga. Karena tidak banyak buku yang memberikan solusi jitu atas problema keluarga ini.

"Sebab itu, ilmu membina keluarga pasti lebih banyak diperoleh dari pengalaman. Maka tak heran jika keluarga sering diilustrasikan sebagai perahu yang berlayar melawan badai samudra," kata Bere.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan ini.  Kepada yang terpilih dan dikukuhkan sebagai keluarga-keluraga sakinah teladan, ucapan selamat layak disampaikan. Sedangkan bagi mereka yang belum mencapai  juara, Bere berharap agar mereka tidak berkecil hati.

"Gelar sebagai teladan ini adalah amanah yang harus dijunjung tinggi dan dilestarikan agar bisa menjadi contoh bagi semua untuk selama-selamanya," pesan Bere Ali.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Drs H Saifi yang juga  ketua penyelenggara kegiatan ini mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi teladan serta memberikan semangat kepada para keluarga yang lain untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah warahma yaitu keluarga yang tentram,  saling mencintai dan saling mengasihi.

"Terbaik pertama dari hasil pemilihan kelurga sakinah 2015, akan mewakili Provinsi Kaltim pada pemilihan keluarga  sakinah teladan tingkat nasional 2016," kata Saifi.  

Hasil pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Provinsi Kaltim 2015 adalah terbaik I diraih keluarga  H Kailani dan Hj Raudhah, Terbaik II keluarga HM Nasrun Husein/Hj Marlianah (Samarinda), Terbaik III keluarga H Isti Yudono/Hj Rauldiah (Balikpapan), Terbaik IV keluarga H Ma'mur/HjUmi Hanik (PPU), Terbaik V keluarga H Kumarsadi/Hj Fauziah (Tarakan). Terbaik VI keluarga HM Ahmadin/Hj Masliati (Tanah Tidung). Terbaik VII keluarga H Jamaludin Silawane/Hj Farida (Nunukan). Terbaik VIII keluarga Jasiman/Siti Kolifah (Bulungan), Terbaik IX kelurga H Mukriman/Hj Syarifah Ainah (Bontang).  (mar/sul/es/humasprov)

Foto : Teks poto: Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali menyerahkan hadiah kepada pemenang Terbaik I  Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Provinsi Kaltim 2015    Keluarga H Kailani/Hj Raudhah  dari Kabupaten Berau. (seno/humasprov)

Berita Terkait