Pasar Murah Online Resmi Dibuka

Foto : Syaiful Anwar

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor resmi membuka dan melepas Tim Pasar Murah Online yang dimulai sejak 6 Mei 2020 hingga akhir Ramadan atau Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Bahkan akan dilanjutkan hingga masa pandemi virus corona atau Covid-19 berakhir. Pelepasan tim ini dilakukan di Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (6/5/2020).

Gubernur Isran Noor berharap program ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang terdampak virus corona.

"Saya berharap semua pihak yang melaksanakan tugas ini dapat tulus dan ikhlas bekerja. Jadi, secara resmi ini saya lepas dan buka pasar murah online," kata Isran Noor yang turut dihadiri Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani, Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim H Fathul Halim dan sejumlah Kepala Biro di lingkup Setdaprov Kaltim serta Kepala Perwakilan BI Kaltim Tutuk SH Cahyono.

Gubernur Isran juga meminta agar petugas atau tim yang melaksanakan di lapangan tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan Covid-19. Meski, secara resmi ibu kota provinsi, Kota Samarinda belum dinyatakan ada kasus transmisi lokal, masyarakat diminta untuk tetap siaga dan berhati-hati.

"Pemprov Kaltim menyambut baik pelaksanaan ini. Terimakasih kepada berbagai pihak, termasuk para donatur khususnya para distributor yang membantu pelaksanaan ini. Saya juga berharap apa yang dilakukan ini bisa diikuti berbagai pihak, sehingga membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19," kata Isran.

Di tempat  yang sama, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Asaddin mengatakan pelaksanaan ini ditargetkan sebanyak 20 titik di seluruh Kaltim. Masing-masing kabupaten/kota bervariasi jumlah titik yang disasar.

"Sementara ini kita laksanakan di Samarinda. Jadi, untuk pelaksanaan pasar murah penjualan langsung di tempat digelar hingga 9 Mei 2020. Sedangkan sistem online hingga lebaran maupun berakhirnya virus corona tetap dilayani. Asalkan barang yang dibutuhkan ada," kata Fuad Asaddin.

Titik pertama dilaksanakan di Samarinda Seberang, yaitu di Kelurahan Rawa Makmur Palaran, Kelurahan Bantuas, Palaran dan Loa Bakung Sungai Kunjang.

Di Rawa Makmur dirangkai dengan penyerahan bantuan sembako dari TP PKK Provinsi Kaltim. Kemudian untuk Kamis (7/5/2020) dilaksanakan di sekitar Perumahan Bengkuring, Batu Cermin dan Bayur. 

Sedangkan Jumat (8/5/2020) dilaksanakan di Gunung Lingai dan Tanah Merah Samarinda Utara. Terakhir Sabtu (9/5/2020) dilaksanakan di Sambutan dan Makroman, Samarinda Ilir.

"Jika kegiatan ini banyak yang merespon dan masyarakat antusias. Tidak menutup kemungkinan akan terus dilanjutkan. Apalagi pelaksanaan ini didukung 22 pelaku usaha dan distributor dan perusahaan pergudangan," jelasnya.

Mengenai harga telah disesuaikan dengan informasi yang disampaikan melalui online dan dipastikan murah. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait