Pasca kerusuhan di Manokwari, Wagub Imbau Masyarakat Tidak Mudah Terprovokasi

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Kaltim memiliki struktur masyarakatnya sama seperti Indonesia mini, karena semua suku dan agama memiliki tekad yang sama untuk selalu menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara kemajemukan. Terkait pasca kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019), Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk tidak mudah terprovokasi atas kejadian tersebut. Karena masyarakat Kaltim semua barsaudara, dan kejadian itu oleh ulah sebagian oknum yang tidak menginginkan bangsa Indonesia tetap bersatu, hidup rukun, aman dan damai.

"Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kaltim, untuk tetap menjaga kondusifitas daerah dengan tetap menjaga dan mempertahankan kerukunan, kekompakan, kebersamaan. Karena kita semua bersaudara, apapun suku kita, apapun agama dan bangsa kita, semua itu adalah satu kesatuan yang tidak boleh terpisahkan," kata Hadi Mulyadi usai menerima kunjungan Pasis KKDN Sespimpti Polri Dikreg ke 28 2019, di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (20/8/2019).

Hadi Mulyadi menambahkan, bangsa dan seluruh rakyat Indonesia baru saja melaksanakan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Repubik Indonesia, seharusnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga, agar anak cucu dapat hidup di Kaltim dengan rukun dan damai. "Provinsi Kaltim sama seperti Indonesia mini, semua suku dan agama ada, mereka hidup berdampingan dengan rukun dan damai, oleh karena itu kekompakan dan rasa kebersamaan harus tetap dijaga. Kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak mudah di adu domba oleh orang yang tidak bertanggung jawab," kata Hadi Mulyadi.

Hadi Mulyadi menjelaskan beberapa forum dan puluhan paguyuban maupun organisasi masyarakat sangat berperan aktif membantu pemerintah, kepolisian dan TNI dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum di daerah Kaltim. "Tugas dan fungsi forum, paguyuban maupun ormas sangat strategis dalam pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama, sehingga Kaltim tetap aman dan kondusif, oleh karena itu, terus tingkatkan koordinasi dan komunikasi untuk menjaga seluruh daerah di Kaltim tetap aman dan kondusif," pesan Hadi. (mar/her/yans//humasprov kaltim)

Berita Terkait