Pastikan Didarati Boeing 737-900

Gubernur Awang Faroek Ishak saat meninjau Bandara APT Pranoto, belum lama ini. (norjaya/humasprov)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meyakinkan bahwa Bandara Internasional APT Pranoto benar-benar telah siap beroperasi. Bahkan bukan hanya pesawat jenis ATR yang akan berlalu lalang di bandara ini, tetapi pesawat bermesin boeing seri 737-900 dengan kapasitas 195-215 penumpang juga bisa mendarat di bandara ini.  

Hal ini membuktikan pembangunan transportasi udara di Kaltim semakin meningkat. "Karena itu, kita harapkan pengerjaan bahu runway yang mengalami penurunan bisa selesai tahun ini. Diharapkan dua bulan ke depan tuntas, sehingga pesawat boeing 737-900 sudah bisa mendarat," kata Awang Faroek Ishak, Jumat (11/5).

Ketersediaan penerbangan dengan pesawat besar, maka bandara ini akan bisa mengangkut penumpang jalur internasional, baik Singapura-Samarinda maupun Kuching-Samarinda. "Saya yakin bandara ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kaltim. Meski, awalnya kita harus berkorban melalui APBD. Akhirnya bandara ini  bisa menjadi perhatian pusat," bangga Faroek. 

Selanjutnya, mengenai pengelolaan bandara ini, Gubernur mengatakan, sementara dikelola UPT Bandara Temindung/APT Pranoto. Sebelum adanya kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan PT. Angkasa Pura. Harapan Gubernur Awang Faroek bandara ini nantinya bisa diresmikan Presiden Joko Widodo tahun ini. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation