Pastikan Disiplin Pegawai, Sekprov Sidak OPD

Sekprov Rusmadi meneliti absensi pegawai di salah satu OPD saat sidak pasca libur Idul Fitri. (syaiful/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Guna memastikan kedisiplinan pegawai pada hari pertama masuk kerja usai libur panjang lebaran atau Idul Fitri 1438 Hijriah, Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi secara mendadak melakukan inspeksi (sidak). Didampingi Asisten Administrasi Umum Bere Ali, Kepala Itwilprov Sa’aduddin dan Kepala BKD Hj Ardiningsih, Rusmadi melakukan sidak ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD).

 

Diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Disperindagkop serta Dinas Pendidikan Kaltim. Menurut Rusmadi, sidak yang dilakukan guna memastikan kedisiplinan pegawai atau aparatur sipil negara (ASN) dalam meningkatkan pelayanan publik.

 

“Kita tidak ingin main-main ya. Disiplin itu kunci suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,” katanya, Senin (3/7). Rusmadi menegaskan tidak mungkin tugas-tugas pelayanan publik maupun penyelenggaraan pemerintahan dilakukan PNS yang tidak berkualitas dan berintegritas tinggi.

 

Karenanya, ASN sebagai abdi masyarakat wajib menunjukkan peningkatan kualitas yang semakin baik dalam melaksanakan tanggungjawab dan kewajibannya. Ketegasan ini dibuktikan dengan ditemukan dua pegawai yang ijinnya dibatalkan dan dinyatakan alfa karena alasan yang tidak mendasar atau dibuat-buat.

 

Selain itu, terhadap pegawai bersangkutan diberi sanksi pemotongan TPP (tambahan penghasilan pegawai) sebesar lima persen per hari sesuai Peraturan Gubernur (Pergub)Sementara bagi pegawai yang terlambat masuk baik sengaja atau tidak sehingga tidak ikut apel pagi maka dikenakan pemotongan TPP sekitar tiga persen.“Kita akan terus evaluasi prilaku dan kinerja pegawai. Seperti ijin tidak masuk kerja dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal atau mengada-ada,” jelasnya.

 

Rusmadi menyebutkan total pegawai di lingkup Pemprov Kaltim sebanyak 11.845 orang dan absensi masuk kerja hari pertama pasca libur lebaran mencapai 99,64 persen atau 0,36 persen yang tidak masuk kerja. “Kita minta setiap pimpinan secara berjenjang melakukan pengawasan terhadap bawahannya dari kepala OPD hingga pejabat eselon III dan IV setiap hari,” harap Rusmadi. Dia menambahkan secara keseluruhan hasil sidak menunjukkan angka kehadiran (disiplin) dan semangat kerja pegawai semakin meningkat dan berkualitas. Tradisi sidak yang biasa dilakukan pagi hari pun bergeser ke siang hari, bahkan hingga jelang jam pulang kerja. Sejumlah wartawan yang sedianya akan meliput kegiatan sidak inipun sempat beberapa kali terkecoh dengan rencana sidak ini.

"Namanya juga inspeksi mendadak, ya harus mendadak. Iya kan?" ucap Rusmadi disambut senyum sejumlah wartawan yang mengikuti sidak tersebut. (yans/sul/es/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation