Pastikan PSN Terlaksana, Wagub Lakukan Monitoring, Hadi Berharap Cepat Rampung dan Bisa Fokus Yang Lain

kunjungan kerja (kunker) Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) (fathur/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan proyek strategis nasional (PSN) di Kaltim terlaksana dengan baik. Untuk itu, Wagub bersama Walikota Samarinda H Syaharie Jaang didampingi jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda, serta instansi vertikal terkait melakukan kunjungan kerja (kunker) Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). "Saya akan terus pantau pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur sehingga terlaksana dan selesai sesuai target. Terlebih proyek strategis nasional," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Rabu (24/4/2019).

Whats-App-Image-2019-04-24-at-17-42-43-1

Sebelum menyambangi proyek jalan tol pertama di Kalimantan tersebut, rombongan yang dipimpin orang nomor dua di Benua Etam ini meninjau Jembatan Mahakam IV untuk melihat progress dari proyek yang dibangun sejak 2012. Saat ini fisik sudah 100 persen tinggal uji kelayakan dari Kementerian PUPR untuk sertifikasi kelayakan jembatan. "Jangan kan jembatan atau pembangunan. Nikah aja masih bisa terlambat. Jadi saya harap masyarakat bisa memahami ya. Paling Oktober atau lima bulan kedepan lah sudah beroperasi. Itu kalau Juli selesai sertifikasi," jelasnya.

Whats-App-Image-2019-04-24-at-17-42-42-1

Whats-App-Image-2019-04-24-at-17-42-43

Peninjauan dilanjutkan ke Seksi IV Simpang Pasir Palaran-Samarinda. Wagub Hadi Mulyadi didampingi Walikota Samarinda Syaharie Jaang memastikan pembebasan lahan tol Balikpapan-Samarinda rampung atau selesai tahun 2019. Namun, pada seksi ini ada penambahan pembebasan lahan sebab kontur tanah yang tidak layak ditepi jalan tol. "Tahun ini pembebasan lahan tol di 5 seksi selesai 100 persen. Walaupun ada konsinyasi dan penambahan lahan yang dibebaskan. Dana kita sudah siap," ujar Hadi Mulyadi.

Setelah monitoring di Seksi IV (Simpang Pasir Palaran-Samarinda) sepanjang 17,95 km,  dilanjutkan berturut-turut ke Seksi III (Muara Jawa-Palaran) sepanjang 17,50 km, Seksi II (Samboja-Muara Jawa) sepanjang 30,98 km, Seksi I / KM.13 (Balikpapan-Samboja) sepanjang 22,03 km dan Seksi V (Balikpapan-Bandara Sepinggan) sepanjang 11,09 km. "Kunjungan ini saya ingin memastikan proyek berjalan dan tidak mengalami kendala berarti. Cepat rampung dan kita bisa fokus yang lain," tegas Hadi.

Whats-App-Image-2019-04-24-at-17-42-42

Hadir dalam kunjungan dan monitoring PSN, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan H Ichwansyah, Kepala Dinas PUPR Kaltim HM Taufik Fauzi, pejabat Kementerian PUPR, pimpinan kontraktor pelaksana PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya dan pimpinan OPD terkait provinsi maupun kota serta instansi vertikal. Tampak pula Walikota Samarinda H Syaharie Ja'ang dan Walikota Balikpapan H Rizal Effendi serta jajaran Pemkot Samarinda dan Balikpapan.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation