PAUD Tentukan Produktivitas Manusia Akan Datang

 

SAMARINDA- Komitmen Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP untuk mewujudkan SDM berkualitas di masa akan datang terus dilaksanakan dan jangan pernah diragukan. Bahkan peningkatan kualitas tersebut dibangun sejak pendidikan anak usia dini (PAUD).

Karena, PAUD sangat menentukan bagaimana perkembangan produktivitas manusia di masa akan datang. Jika pendidikan usia dini kurang baik, maka produktivitas anak di masa akan datang juga kurang baik.

“Karena itu, pendidikan usia dini sangat menentukan derajat kualitas intelegensi, kesehatan, kematangan emosi dan produktivitas manusia di masa depan. Selanjutnya, bagaimana membangun hal itu, maka Pemerintah Provinsi terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan guru, khususnya guru PAUD sehingga dapat memberikan pendidikan yang baik pula kepada peserta didik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Hj Dayang Budiati dikonfirmasi di Samarinda, Senin (12/12).

Selain itu, mendukung peningkatan kualitas anak usia dini, diperlukannya motivasi orang tua untuk menyekolahkan anak, sehingga anak betul-betul siap untuk sekolah. Begitu juga dengan pengasuhan dan perlindungan anak sangat diperlukan, agar anak tidak mendapatkan tindakan yang kasar baik dari orang tua maupun orang lain.

Selanjutnya, Pemprov Kaltim berupaya bagaimana memberikan layanan Taman Kanak-Kanak (TK/PAUD) di desa-desa, sehingga anak-anak Kaltim mendapatkan pendidikan dari usia dini. “Kita harapkan program ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan semata tetapi semua pihak, sehingga pendidikan yang merata mulai dari jenjang usia dini hingga perguruan tinggi dapat diterima masyarakat Kaltim dari desa hingga perkotaan,” jelasnya.(jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait