Peda KTNA akan Dihadiri Menko Perekonomian

SAMARINDA – Sebelum mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Jawa Timur pada 2014, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim bersama KTNA Kaltim siap menggelar Pekan Daerah (Peda) pada 7-10 Juni 2013.


“Sudah menjadi tradisi, setiap akan dilaksanakan Penas, maka setiap daerah wajib melaksanakan kegiatan Pekan Daerah (Peda),  minimal satu tahun sebelum ajang nasional tani dan nelayan yang tergabung dalam KTNA di seluruh Indonesia,”  jelas Kepala BKPP Kaltim, Fuad Asadin usai memimpin Rapat Persiapan Peda Tingkat Provinsi Kaltim di Ruang Rapat BKPP Kaltim, Kamis (7/2).


Peda yang akan dilaksanakan Juni tahun ini, rencananya akan diikuti 2.500 peserta dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim dan akan dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Radjasa. Hatta Radjasa merupakan Ketua Dewan Pembina KTNA Nasional.


Menurut Fuad, pada dasarnya rangkaian acara atau kegiatan yang dilaksanakan selama pelaksanaan Peda maupun Penas tidak jauh berbeda. Diantaranya, temu karya dan temu wicara (dialog) dengan pejabat pemerintah serta pameran dan lomba-lomba.


“Namun untuk Peda, yang wajib dilaksanakan setiap daerah yang akan mengikuti Penas adalah menjadi bagian pematangan materi yang akan dibawa pada ajang rutin empat tahunan pelaku tani dan nelayan se-Indonesia,” ujar Fuad Asadin.


Ditambahkannya, kegiatan Peda akan dipusatkan di Stadion Madya Sempaja Samarinda diikuti 2.500 orang dari KTNA se-Kaltim dan BKPP selaku penyelenggara telah mempersiapkan akomodasi dan konsumsi selama kegiatan.


Rakor persiapan Peda juga dirangkai dengan pembagian hadiah bagi para petani, Gapoktan dan Balai Penyuluh  kecamatan terbaik, penyuluh pertanian PNS dan THL-TBPP serta penyuluh pertanin swadaya terbaik, pengelola P4S serta petani alumni magang Jepang dan kader konservasi alam serta penyuluh perikanan terbaik. (yans/hmsprov)

//Foto: KEGIATAN WAJIB. Kepala BKPP Kaltim, Fuad Asadin (keempat dari kiri) usai memimpin Rapat Persiapan Peda menyerahkan hadiah kepada para petani terbaik se-Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation