Peda KTNA Kaltim Diikuti 1.572 Peserta

SAMARINDA – Dipastikan pekan daerah (Peda) IX Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kaltim yang akan berlangsung di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diikuti 1.572 peserta.

Para peserta tersebut terdiri para pelaku utama (petani dan nelayan) serta pelaku usaha di sektor pertanian dalam arti luas dari  10 kabupaten dan kota se-Kaltim. Kegiatan yang dipusatkan di tiga desa di Kecamatan Babulu yakni Desa Gunung Intan, Desa Gunung Makmur dan Desa Gunung Mulia itu rencananya dilaksanakan selama lima hari sejak 10 – 14 Mei 2016.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kaltim H Fuad Asaddin, kegiatan tingkat provinsi dan diikuti seluruh anggota KTNA kabupaten dan kota di Kaltim ini untuk mempersiapkan keikutsertaan dalam Pekan Nasional di Aceh tahun depan.

“Peda tahun ini di PPU bagian persiapan kita menjelang Penas ke-15 di Provinsi Aceh pada tahun depan,” kata Fuad Asaddin saat memimpin rapat persiapan Peda IX Tahun 2016 di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (16/3).

Pada ajang Peda tersebut akan dipamerkan berbagai kemajuan dan pola kegiatan di sektor pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, keluatan dan perikanan termasuk kehutanan.

Selain itu, dilaksanakan berbagai gelar dan temu teknologi, peragaan serta unjuk tangkas dan asah terampil bagi petani dan nelayan. Temu karya dan profesi, rembug madya dan utama, temu sukses petani nelayan dan penyuluh. Termasuk digelar pameran dan promosi, temu usaha dan agribisnis.

“Peda ini merupakan bagian persiapan menghadapi Penas. Kaltim merupakan penyelenggara Penas terbaik pada 2011 sejak gelaran pertama 1971 hingga ke-14 di Malang tahun 2014,” ungkap Fuad Asaddin.(yans/sul/es/hmsprov). 

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU 2018
LENSA KALTIM MAJU 2018

17 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan