Peda KTNA VIII Dihadiri Lebih Dari 2.500 Peserta

SAMARINDA - Peserta Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) VIII Kaltim  dijadwalkan mulai datang pada Kamis (6/6) atau sehari sebelum pembukaan yang dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda pada Sabtu (8/6). Hingga kemarin, peserta yang mendaftar lebih dari 2.500 orang, dari 14 kabupaten/kota di Kaltim.
            Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Peda KTNA VIII Kaltim,  H. Fuad Assadin terkait  persiapan pelaksanaan Peda KTNA yang dijadwalkan pada 7-10 Juni 2013. Peda tahun ini mengabil  tema, yakni  'mewujudkan Kemandirian dan Kedaulatan Pangan Menuju Kaltim Sebagai Pusat Agroindustri Terkemuka Bagi Kesejahteraan Petani dan Nelayan".

Dengan tema ini,  diharapkan kegiatan ini mampu memacu semangat dan motivasi seluruh pihak yang bergerak dalam sektor pertanian dalam arti luas untuk serius mewujudkannya," kata Fuad Asadin, Selasa (4/5).
            Dijelaskan, peserta yang terdaftar saat ini mencapai 2.000 orang. Panitia membatasi kuota peserta sebanyak  2.500 orang peserta. Peserta di luar anggota KTNA  adalah peninjau yang terdiri dari pejabat pemerintah, akademisi dan peneliti pertanian.
            Pihaknya mengharapkan agar kabupaten/kota mengirim peserta sesuai dengan kuota yang diberikan panitia,  sehingga tidak menyulitkan dalam akomodasi, konsumsi dan transportasi dalam kota. Peserta akan diinapkan di Hotel Atlet Komplek Stadion Madya Sempaja yang mampu menampung 1.400 peserta.
            Sementara itu peserta lainnya akan diinapkan di beberpa lokasi,  yaitu di Taman Budaya Kaltim, Bapeltan Sempaja dan Madrasah Aliyah Negeri 1,  Jalan Harmonika dan di  Bapelkes di Jalan Anggur.
            "Kita meminta pengertian dari pengelola Stadion Madya Sempaja untuk memberikan dispensasi bagi peserta yang datang lebih awal. Panitia hanya menanggung akomodasi sejak pembukaan hingga penutupan saja. Begitupun dengan konsumsi, peserta akan ditanggung makan siang dan makan malam. ," ucapnya.
            Rencananya Peda KTNA tahun 2013 ini dibuka Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, sedangkan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak,  dijadwalkan mengadakan temu wicara dengan para petani pada Jumat (7/6). Selain itu juga akan digelar seminar kemandirian kontak tani, diskusi tentang usaha dan jaringan agrobisnis serta pengembangan wirausaha bidang pertanian.(yul/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation