Pegawai BPM-PD Dilatih Militer

SAMARINDA- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim menggelar pelatihan karakter terhadap seluruh pegawai di lingkungan tersebut dengan cara pelatihan militer. Tujuannya, untuk meningkatkan motivasi kerja pegawai di lingkungan SKPD tersebut.

Kepala BPM-PD Kaltim HM Jauhar Effendi mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna mewujudkan peningkatan prestasi dan kinerja, sesuai dengan arahan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.

“Ini kami lakukan agar bagaimana memberikan motivasi kepada teman pegawai untuk memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan. Memiliki ekpresi yang tinggi dan kerjasama yang tinggi, sehingga pegawai di instansi ini bisa melaksanakan tugas yang kian berat ke depannya,” kata HM Jauhar Effendi di sela-sela pelatihan karakter, di Lapangan Senapan Korem 091/ASN, Jalan Poros Samarinda-Bontang, Sabtu (9/2).

Karena itu, lanjut dia, pola-pola militer perlu ditanamkan dalam diri pegawai, sehingga sikap disiplin yang tinggi juga dapat dimiliki seluruh pegawai di lingkungan BPM-PD Kaltim.Apalagi, pihak militer memiliki kelebihan dari pada pegawai yang lain, terutama dalam disiplin kerja.

“Yang jelas, pelatihan ini kami sesuaikan dengan kondisi pegawai. Karena, peserta yang mengikuti mulai usia muda hingga yang tua. Baik yang statusnya honor hingga yang mau masuk masa pensiun. Bahkan, yang mau masuk masa pensiun kami wajibkan, sehingga mereka memiliki semangat yang tinggi dalam beraktivitas,

terutama ketika pensiun nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Latihan Letkol Inf Korem 091/ASN Andi M Surya mengatakan kegiatan ini dilakukan agar menumbuhkan sikap kebersamaan dan kedisiplinan yang dilakukan pegawai di lingkungan BPM-PD Kaltim, sehingga ketika melaksanakan aktivitas pekerjaan dapat lebih baik.

“Kami berharap setelah pelatihan ini mereka memiliki semangat tersebut, sehingga loyalitas terhadap pekerjaan dapat dilakukan. Harapannya, tujuan dari program yang disusun instansi ini dapat berjalan baik dan tercapai,” jelasnya.

Latihan yang diterapkan untuk pegawai BPM-PD tersebut, yakni dengan menerapkan carakter building dan outbond. Pelaksanaan tersebut bekerjasama dengan Korem 091/ASN. Pesertanya berjumlah 57 orang. Pelaksanaan dilakukan selama dua hari.(jay/hmsprov)

Foto: Pegawai BPM-PD Kaltim serius mengikuti game tentang peningkatan carakter building di Lapangan Senapan Korem 091/ASN. (jaya/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation