Pegawai Harus Tingkatkan Kualitas

SAMARINDA- Setiap aparatur sipil Negara (ASN) dituntut untuk memberikan pelayanan publik yang baik terhadap masyarakat. Caranya dengan memberikan pelayanan yang professional dan ramah kepada masyarakat.

Sebagai seorang aparatur yang berintegritas dan berkarakter, apapun yang ada dihadapan pemerintah, baik persoalan kecil dan besar tetap berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan berwibawa.

“Ada jutaan manusia dan ada jutaan masyarakat dipundak aparatur pemerintah yang berharap dengan kita untuk bisa melakukan perubahan yang baik di daerah ini. Karena itu, bagaimana cara pemerintah untuk melakukannya, maka seluruh pegawai harus meningkatkan kualitas dengan professional,” kata Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi saat memimpin dan memberikan arahan apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (9/5).

Menurut Rusmadi, ada tiga hal yang membuat seseorang khususnya aparatur pemerintah dalam kehidupan sehari-hari mengapa selalu gagal. Pertama tidak belajar dengan pengalaman. Seharusnya setiap pegawai yang awalnya gagal melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan pimpinan seharusnya dapat belajar kembali dan memperbaiki kondisi yang pernah dialami serta bangkit menuju kemajuan.

Kemudian, kedua tidak pandai melihat kondisi dan situasi yang ada. Karena saat ini masyarakat sudah semakin cerdas melihat kinerja pemerintah. Media bisa menjadi sarana untuk melihat perkembangan aspirasi masyarakat terhadap pembangunan di daerah. Ketiga tidak pandai membaca masa depan.

Dengan melihat kemajuan perkembangan yang ada saat ini seharusnya aparatur bisa membaca apa yang harus diperbuat dan apa yang akan dilakukan, sehingga mampu memberikan terbaik bagi masyarakat.

“Jika pemerintah tidak bisa merespon semua itu, maka pemerintahan akan terdegradasi dari kepercayaan masyarakat. Karena itu, mari terus bersemangat, tidak pernah berhenti berolah pikir bagaimana kita bisa menciptakan pertumbuhan pembangunan ekonomi Kaltim yang lebih baik di masa akan datang,” jelasnya.(jay/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation