Pegawai Kantor Gubernur, Jalani Pemeriksaan Swab

ATASI CORONA. Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani saat menjalani tes swab. (syaiful/humasperov kaltim).

SAMARINDA - Pemeriksaan swab Covid-19 dilakukan kepada para pegawai PNS dan non PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim di Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (9/9). Pemeriksaan swab pertama dilakukan kepada Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani dilanjutkan sejumlah pejabat, Asisten Administrasi Umum H Fathul Halim, Asisten Pemerintahan dan Kesra HM Jauhar Efendi, Kepala Pelaksana BPBD Kaltim Yudha Pranoto dan Staf Ahli Gubernur Bidang Polhukam Wahyu Widhi Heranata.

 

“Kita harapkan hasil swab mendeteksi semua karyawan, sehingga bisa segera diketahui jika ada yang terpapar. Maka bisa segera dilakukan penanganan agar virus corona tidak menyebar kemana-mana,” kata Sa’bani usai menjalani pemeriksaan swab di halaman Kantor Gubernur Kaltim.

 

Sa’bani berharap semua karyawan, baik PNS maupun non PNS bisa mengikuti tes ini. Para pegawai tidak perlu menghindar, karena menurutnya ini hanya pemeriksaan biasa. “Kalau menghindar, takutnya nanti bila ada yang terpapar malah tidak ketahuan. Itu justru berbahaya,” tegas Sa’bani.

 

Pemeriksaan ini sekaligus memastikan kantor pemerintahan tertinggi di Kaltim itu bebas dari kemungkinan penyebaran virus corona. Sehingga aktivitas pemerintahan tetap berjalan dan para pegawai bisa bekerja tenang, meski tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sa’bani mengatakan, jika ada pegawai yang terpapar, maka penanganan akan dilakukan sesuai standar. Tergantung kondisi dan lingkungannya.

 

“Bila ada OTG yang kondisinya tidak memungkinkan, kita akan rawat ke tempat karantina. Tapi kalau lingkungannya memungkinkan, dia OTG saja dan diyakini mampu, maka bisa isolasi mandiri dalam pengawasan, sehingga bisa terus dipantau,” jelas Sa’bani.

 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa menyebutkan kemampuan lab yang disiapkan melalui mobil PCR adalah 300 sampel per hari.“Malam nanti semuanya sudah bisa dilihat hasil swabnya,” ucapnya. (sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait