Pegawai Kantor Gubernur Jalani Tes Urine

SAMARINDA- Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Provinsi  Kaltim menjalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan, Kamis (11/4).  Pemeriksaan oleh  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) ini dilakukan untuk mengetahui apakah  ada PNS yang menggunakan narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba).
Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim,  S  Adiyat mengatakan, kegiatan tes urine ini sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bahwa setiap pegawai negeri sipil tidak boleh terkait dengan masalah Narkoba. PNS juga harus rutin memeriksakan kesehatan.
"Tidak dipungkiri karena kesibukan menjalankan pekerjaan sehari-hari, ada yang  tidak sempat memeriksakan kondisi kesehatan, hingga berakibat pada gangguan kesehatan dan menganggu kinerja," kata Adiyat, di sela-sela kegiatan tes urine di Ruang Ruhui Rahayu.
Tes urine ini lanjut Adiyat, dilakukan secara mendadak dan tidak diketahui sebelumnya dan  para pegawai wajib mengikuti tes ini dan secara tertib diabsen.
"Setelah apel Hari Kesehatan Nasional, para PNS diisolasi untuk menyerahkan sampel urine, tentunya kegiatan ini sangat penting sebagai aparatur pemerintah harus bebas dari segala bentuk penyalahgunaan Narkoba," jelasnya.
Menurut dia, jika terindikasi menjadi pecandu Narkoba, PNS harus siap menerima resiko hingga pemecatan.  Hasil tes ini akan diketahui  setelah  melalui proses dari  BNNP Kaltim dan Dinas Kesehatan Kaltim.
Sementara itu Kepala BNNP Kaltim Kombes Pol Maridup Samosir Pakpahan  mengatakan tes urine sengaja dilakukan mendadak, sebagai bagian dari pelaksanaan  Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan Pemprov Kaltim,  sekaligus dalam dirangkai Hari Kesehatan Sedunia.
"Pejabat yang belum menjalani tes urine karena sedang tugas ke luar daerah akan kita lakukan lain waktu, apabila ada yang positif, tindak lanjut ada di gubernur," ujarnya.
Kamis kemarin, para petugas BNNP mengambil sampel urine para PNS di lingkungan Setprov Kaltim. Sampel tersebut ditampung dalam botol plastik kecil yang akan menjadi media tes. Tes urine cukup menarik, karena merupakan kali pertama dilakukan di lingkungan Pemprov Kaltim. (sar/hmsprov)

///Foto : Sejumlah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat Provinsi  Kaltim menyerahkan sampel urine untuk menjalani tes Narkoba.(johan/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation