Pejabat Harus Berkinerja Baik

 

Pejabat Harus Berkinerja Baik

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengharapkan pejabat yang dilantik dapat meningkatkan kinerja dan menjalankan amanah dengan baik. Hal tersebut disampai satu per satu kepada pejabat. Antara lain, Asisten Bidang Administrasi Umum yang diamanahkan kepada Dr Meiliana diharapkan dapat melanjutkan perjuangan yang dilakukan pejabat yang lama, dalam mewujudkan kelancaran dan operasionalisasi kepegawaian (aparatur) pemerintah, khususnya dalam lingkup Pemprov Kaltim. Dengan tujuan mendukung terwujudnya pemerintahan yang baik (Good Governance).

Gubernur berkeyakinan, dengan pengalaman yang dimiliki, Meiliana mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan saat ini dengan baik. Terutama tekad Kaltim mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bidang akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Karena mempertahankan prestasi yang telah dicapai merupakan tugas yang berat. Tetapi, saya yakin ibu Meiliana mampu mewujudkan prestasi tersebut, termasuk dengan adanya dukungan dari masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim,” jelasnya.

Selain itu, kepada masing-masing staf ahli gubernur diharapkan berperan lebih optimal untuk membantu memikirkan percepatan pembangunan di Kaltim secara luas. Karena, Staf Ahli memiliki tugas dan fungsi yang jelas yakni melakukan telaahan dan kajian terhadap sesuatu kebijakan bidang pemerintahan tertentu.

Kemudian mengenai Kepala Disnakertrans yang baru diharapkan menyelesaikan masalah ketenagakerjaan dan trasmigrasi di daerah. Karena masalah tersebut di masa depan akan semakin berat disebabkan tingginya arus migrasi penduduk luar ke Kaltim dengan berbagai dampak sosial yang bisa meresahkan apabila tidak ditangani dengan baik. Antara lain bertambahnya penduduk miskin dan pengangguran.

Begitu juga kepada Kepala Disperindagkop dan UMKM yang baru dapat bekerja keras bersama jajaran Perindagkop dan UMKM salah satunya adalah membuat skema hilirisasi sektor Industri, Perdagangan dan Koperasi dalam rangka diversifikasi produk pasca panen pemanfaatan hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan, mengingat masih dominannya peran sumber daya alam (SDA) unre-newable (tak terbarukan) seperti migas dan hasil pertambangan batu bara dalam pembangunan. Apalagi, pengembangan koperasi di Kaltim merupakan terbaik di Indonesia.

Kemudian Kepala Dispora Kaltim prestasi olahraga Kaltim saat ini sudah sangat membanggakan baik di tingkat Nasional maupun Internasional di berbagai cabang olahraga. Tetapi, tentu perlu ditingkatkan lagi. Terutama prestasi PON. Karena saat ini Kaltim telah meraih peringkat 5 besar PON di Riau perlu dipertahankan pada PON XVIII Jawa Barat 2016, bahkan ditingkatkan.

Begitu pula dengan pembinaan pada generasi pemuda, perlu ditingkatkan karena Kaltim bertekad melahirkan generasi muda baik, cerdas, sehat jasmani dan rohani, tangguh dan mampu bersaing di era global. Karena itu, SKOI Kaltim dibangun untuk pembinaan tersebut. Bahkan ratusan 300 medali emas telah diraih atlet pelajar asal SKOI Kaltim dan itu patut ditingkatkan.

Selain itu, Sekretaris Sekretariat DPRD Kaltim, jabatan tersebut sangat penting dan strategis dalam upaya menjembatani kepentingan wakil rakyat dan hubungannya dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Mengenai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah diharapkan dapat berkontribusi lebih banyak lagi bagi pembangunan Kaltim. Untuk itu, setiap penelitian perlu melihat suatu masalah berdasarkan prinsip dan metode tertentu, yang  terukur dan terpola, yang akan dapat melahirkan rekomendasi dan dapat dijadikan kebijakan pembangunan.

”Karena itu, saya mengharapkan agar Balitbangda Kaltim dapat bekerjasama dengan mitranya, terutama kalangan perguruan tinggi untuk senantiasa meningkatkan penelitian-penelitian yang relevan dengan masalah dan siatuasi yang ada di daerah ini. Mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, mengenai Sigit Muryono yang kini sebagai Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, sebenarnya yang bersangkutan telah diusulkan kepada LAN untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda.

“Saya percaya Sigit Muryono dengan kompetensi, prestasi dan pengalamannya yang ada selama ini selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang sangat baik, akan mampu mengemban tugas sebagai Kepala PKP2A III LAN Samarinda yang cakupan kerjanya meliputi seluruh Kalimantan kecuali Kalimantan Barat,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation