Pekan Ini BLT DD Disalurkan

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Syafranuddin

SAMARINDA - Pemprov Kaltim  pekan ini akan menyalurkan dana  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) berdasarkan data yang disampaikan kabupaten dan kota. Penyaluran dana  sebesar Rp250 ribu perbulan per kepala keluarga ini, terang Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Syafranuddin, merupakan keputusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Ahad (26/4/2020).

Dijelaskan, penerima dana merupakan warga yang sudah terverifikasi  relawan Covid-19 masing-masing desa yang diketuai kepala desa. 

“Penerima BLT DD  mengacu SE KPK No11/2020, tanggal 21 April 2020 tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non-DTKS dalam pemberian bansos ke masyarakat dan Kemendes PDTT tentang Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT,” terangnya seraya menyebutkan  penyaluran BLT DD tidak bisa sembarangan.

Jubir Pemprov Kaltim ini, menambahkan, BLT DD disalurkan berdasarkan data yang diterima Pemprov Kaltim. Bagi daerah yang belum menyerahkan data,  BLT-DD belum bisa diserahkan.

 Pria yang akrab disapa Ivan ini membenarkan, data penerima  BLT DD dirapatkan dalam Forum Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk validasi, finalisasi dan penetapan data keluarga calon penerima BLT DD. Kemudian dokumen disahkan  kepala desa dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk disampaikan ke kepala daerah.

 “Karena Kaltim ini luas, jarak antar desa dan kecamatan jauh tentu data yang diterima belum semuanya.  Karenanya gubernur, menaruh harapan sebelum video conference dengan kepala daerah yang dijadwalkan Kamis nanti semua data sudah masuk,” bebernya seraya menambahkan  pengesahan data bisa didelegasikan ke camat agar datanya segera diterima Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Terkait anggaran yang disediakan Pemrov Kaltim untuk penanganan Covid-19, dijelaskannya  sudah disetujui Gubernur Isran Noor sebesar Rp388,5 M. 

“Setelah dilakukan pergeseran anggaran, kini dokumen RKA untuk penangangan Covid-19 sudah dibisa digunakan,” tandasnya. (fan/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation