Pekerja Berhak atas Jaminan Sosial

Meiliana pada Sosialisasi Anugerah Paritrana. (humasprov kaltim).

SAMARINDA-Pemprov Kaltim memberikan apresiasi kepada kabupaten dan kota, se-Kaltim karena dari tahun ke tahun semakin banyak memahami akan pentingnya penyelenggaraan jamainan sosial ketenagakerjaan yang merupakan hak dasar bagi para pekerja.

Penegasan itu, disampaikan penjabat Sekretaris Provinsi (Pj Sekprov) Kaltim Dr Hj Meiliana saat membuka Sosialisasi Anugerah Paritrana (penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan) tahun 2018, yang digelar di meeting room Hotel Harris Samarinda, Kamis (20/12/2018).

Meiliana mengatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja harus menjadi perhatian utama, apakah itu perusahaan skala kecil, perusahaan katagori sedang apalagi perusahaan besar, yang terpenting adalah bekerja baik, tulus dan ikhlas. "Jaminan sosial ketenagakerjaan diberikan tentu akan membuat para pekerja lebih tenang dan akan merasa nyaman dalam bekerja, sehingga secara langsung akan berdampak pada kinerja dan produktivitas perusahaan," ujarnya.

Meiliana menambahkan, Pemprov Kaltim sangat mendukung penerapan jaminan sosial ketenagakerjaan, maka dari itu diingatkan agar  semua perusahaan yang beroperasi diwilayah Kaltim dapat memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan sesuai ketentuan yang berlaku. 

sosialisasi-anugrah

"Semua harus memiliki komitmen yang sama dengan sepenuh hati untuk memberikan kepedulian terkait jaminan sosial ketenagakerjaan, dengan bagitu kita optimis anugerah Paritrana bisa diraih kabupaten kota maupun provinsi Kaltim," kata Meiliana.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim Abu Helmi mengatakan sosialisasi anugerah Paritrana merupakan program  pemerintah pusat yang nantinya diberikan kepada Provinsi maupun kabupaten kota yang sebelumnya dilakukan penilian dari tim Provinsi Kaltim kepada dinas tenga kerja dalam keikutsertaan perusahaan di dalam penyelenggaraan BPJS.

"Intinya semakin besar perusahaan mengikutsertakan karyawannya dalam BPJS, maka semakin  berpeluang mendapatkan anugerah Paritprana yang tentunya harus melalui beberapa kereteria penilaian yang akan dilakukan sebelumnya," kata Abu Helmi.

Hadir dalam acara sosialisasi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerajaan Samarinda Supriyanto, kepala dinas tenaga kerja kabupaten dan kota se-Kaltim, Ketua DPD Apindo Kaltim serta undangan lainnya. (mar/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait