Pelabuhan Penumpang di Samarinda akan Dipindah ke Palaran

Perkembangan PPK Kariangau Maju Pesat

 

  

SAMARINDA- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim  H Zairin Zain mengatakan,

perkembangan Pelabuhan Peti Kemas (PPK) Kariangau luar biasa, per bulannya yang diperkirakan hanya 1.500 Teus (ukuran muatan dalam pembongkaran/pemuatan kapal peti kemas) teryata mencapai 3.500 Teus, sehingga lahan parkir yang tersedia sudah tidak bisa menampung parkir kontainer.

"Karena kehabisan lahan parkir terpaksa banyak kontainer diparkir di pinggir jalan, agar  bisa mampu menampung  parkir  kontainer  maka diusulkan  penambahan areal parkir seluas dua hektar lagi, " kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/2).   

Pelabuhan Kariangau sebagai sarana penting karena bersandarnya kapal-kapal berskala besar dengan angkutan berat, baik mesin, furniter maupun peralatan berat lainnya.

Sedangkan pelabuhan Semayang tetap beroperasi namun hanya skala kecil untuk angkutan bahan pokok, sayuran dan untuk  kapal penumpang.

"Dulu untuk PAD Kariangau diperkirakan tidak terlalu besar, teryata luar biasa  pendapatannya," kata Zairin.

Per harinya lanjut Zairin, dua kapal  berukuran besar mampu bersandar dengan hitungan  kalau satu kapal mampu membawa 150 kontainer, kalau dua kapal bersandar tentunya mencapai 300 kontainer.  

"Sedangkan kantor pengelola sudah hampir rampung tinggal pemasangan keramik sama plafonnya saja, sehingga tidak lama lagi segera difungsikan" ungkapnya.

Terkait pelabuhan penumpang di Samarinda, Zairan juga menjelaskan,  juga akan  segera pindah ke Palaran yang lokasinya  berada di sebelah Hulu Pelabuhan Peti Kemas Palaran dan diperkirakan rampung 2015 melalui  dana APBN  sebesar Rp 75 milliar, seiring dengan rampungnya  pembangunan jalan poros Palaran dengan dua jalur.

"Sekarang ini pengerjaan terus berlangsung, setelah pindah ke Palaran tentunya kemacetan yang sering terjadi di kawasan jalan Yos Sudarso Samarinda mampu terurai," jelasnya.(sar/hmsprov).

//Foto: PROSPEK BAIK. PPK Kariangau. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation