Pelajar Kaltim Diajak Melirik Hoby Filateli

Pelajar Kaltim Diajak Melirik Hoby Filateli

 

SAMARINDA – Filateli atau hobi mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya saat ini sudah kurang diminati, khususnya oleh generasi muda dan pelajar.  Padahal filateli sangat penting bagi generasi muda agar dapat mengenal berbagai perangko dunia dan alat yang digunakan dalam penyelenggaraan pos di dunia.

Dalam upaya memacu minat generasi muda, terutama para pelajar untuk menggemari filateli, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim menyelenggarakan sosialisasi filateli dan lomba menata perangko.

“Pelajar dan generasi kita harus lebih akrab dengan filateli dan salah satu upaya untuk membangkitkan minat pelajar itu, coba kita lakukan dengan kegiatan sosialisasi dan lomba menata perangko," kata   Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani saat membuka sosialisasi filateli dan lomba menata perangko bagi kalangan pelajar se-Samarinda di Kantor Diskominfo Kaltim, Samarinda, Selasa (29/9).

Kegiatan ini sangat diharapkan dapat lebih mengenalkan generasi muda terhadap  filateli, baik yang berkaitan dengan filateli Indonesia maupun mancanegara. Karena pentingnya pengetahuan tentang filateli tersebut, Abdullah Sani menegaskan untuk terus mengembangkan kegiatan filateli kepada para pelajar. Kegiatan semacam ini juga akan dilanjutkan secara bergantian ke semua kabupaten dan kota di Kaltim.

“Alhamdulillah kita mendapat dukungan PT Pos Indonesia dan Asperindo. Sudah kompak kita akan terus melanjutkan hoby filateli ini. Tidak hanya perangko, tapi juga benda lain yang digunakan dalam penyelenggaraan Pos,” kata Sani.

Dia juga berharap ada peran positif Kementerian Kominfo yang secara berkelanjutan mendukung kegiatan filateli di daerah. Hal ini agar pembinaan filateli lebih bergairah. Tidak hanya mendukung kegiatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tapi juga kegiatan positif lainnya yang berhubungan dengan bidang tugas Kominfo, semacam filateli ini. 

Sedangkan berkaitan antusias pelajar yang cukup besar mengikuti sosialisasi dan lomba ini, Sani berharap motivasi terus diberikan agar minat filateli terus tumbuh di kalangan pelajar. Setiap kepala sekolah diimbau mengarahkan cita-cita siswa didiknya ke arah positif, salah satunya filateli.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kabudit Perangko dan Filateli Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo,  Irawan Usman dan Ketua Perkumpulan Filateli Indonesi (PFI) Jakarta, Lutfi Hasbullah. (sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation