Pelajar Samarinda dan Paser Wakili Kaltim untuk Tingkat Nasional

Anggota Paskibraka Nasional 2015

SAMARINDA – Pelajar  dari Samarinda dan Kabupaten Paser berhasil menempatkan putra-putri terbaik mewakili Kaltim di tingkat nasional  menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus tahun ini.

Dua pelajar yang mewakili Kaltim tersebut, yakni Muhammad Syandy Al Amin asal SMAN 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser dan Lucya Margaretha Chrismas Manalu dari SMA Negeri  3 Samarinda. Keduanya sebelumnya mengikuti seleksi tingkat provinsi pada 19-21 Mei 2015 di Samarinda.

“Informasi ini kami terima dari Kementerian Pemuda dan Olahraga 11 Juni 2015. Alhamdulillah dari empat wakil yang dikirim ke tingkat nasional, dua pelajar Kaltim mampu bersaing untuk menjadi anggota Paskibraka,  yang akan bertugas pada pengibaran bendera 17 Agustus tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Fachruddin Jafrie di Samarinda, Senin (22/6).

Seleksi nasional dilaksanakan pada 6-11 Juni 2015 diikuti 136 peserta dan terpilih 68 peserta yang masing-masing provinsi menempatkan dua  peserta. Menurut dia, momentum seleksi calon peserta Paskibraka yang telah diikuti hendaknya dapat dijadikan sebagai pemicu semangat berkorban, patriotisme dan membangun negeri.

Selain dituntut mampu menjalankan tugas saat bertugas mengibarkan bendera pusaka pada 17 Agustus, diharapkan kelak juga dapat menjadi figur utama yang siap tampil dan berperan lebih maksimal dalam pembangunan sesuai profesi masing-masing.

“Sudah seharusnya ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai media untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki peserta sebagai anggota Paskibraka, yang merupakan putra putri terbaik dan harus siap mengikuti seluruh rangkaian pelatihan yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” jelasnya.

Dua tahun sebelumnya Kaltim berturut-turut menempatkan wakil di tingkat nasional untuk menjadi tim Paskibraka Nasional, yakni 2013 pelajar Kaltim yang berhasil menjadi tim Paskibraka adalah putra diwakili Armey asal Samarinda, putri diwakili Natalia dari Malinau. Kemudian 2014 wakil Kaltim yang terpilih adalah putra diwakili Muhammad Nauval Dzaki Amarca asal Berau dan putri diwakili Rachel Eleeza Coloay dari Balikpapan.

“Mereka yang terpilih  di tingkat nasional tahun ini akan menjalani Karantina di Jakarta dimulai setelah Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah hingga pelaksanaan pengibaran bendera 17 Agustus 2015 di Istana Merdeka,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov).

 

///FOTO : Muhammad Syandy Al Amin asal SMA N 1 Tanah Gerogot Paser Nomor 17, Lucya Margaretha Chrismas Manalu dari SMA N 3 Samarinda nomor 10 berhasil menjadi tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2015.(ist)

 

Berita Terkait