Pelajaran Baik dari Mahulu

Ist

Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang hingga saat ini dilaporkan nihil dari kasus positif Covid-19. 

Sukses mempertahankan zero Covid-19 ini tentu tidak lepas dari kerja keras Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mahakam Ulu dengan dukungan penuh masyarakat setempat, dan partisipasi aktif jajaran TNI/Polri untuk turut serta menjaga "kesucian" kabupaten yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia di sisi barat Kaltim itu.

"Kebersamaan mereka bisa menjadi contoh. Mereka sudah membuktikan, setidaknya hingga saat ini. Mudah-mudahan sampai wabah virus ini berakhir," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin, Sabtu (6/6/2020).

Contoh baik dari Mahulu yang dapat diadopsi antara lain ketika  masyarakat bisa terus bersama pemerintah, saling peduli, jujur dan berdisiplin dalam menghadapi virus yang sudah cukup meluluhlantakkan perekonomian dunia itu.

"Tentu ini bisa jadi pelajaran.  Jika masyarakat solid bersama pemerintah, peduli, jujur, dan berdisiplin, maka wabah bisa dicegah. Minimal kita bisa terus menguranginya," tambah Nazrin yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim itu.

Selain Mahulu yang zero Covid-19, beberapa daerah lain, pun terbilang cukup baik dalam menahan laju penambahan jumlah pasien positif Covid-19. Kota Bontang misalnya. 

Hingga Jumat (5/6/2020),  di Kota Taman tercatat kasus positif Covid-19 sebanyak 13 orang dan menjadi yang terendah di Kaltim.  Jumlah pasien sembuh 9 orang dan yang masih dalam perawatan 4 orang. Persentase kesembuhan di Bontang mencapai 69,2 persen.

Penajam Paser Utara juga memiliki catatan cukup baik. Jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 19 orang, dan yang sembuh mencapai 14 orang dan 5 orang masih dalam perawatan.

"Persentase sembuhnya sudah mencapai 73,6 persen," imbuh Nazrin. (sul)

Berita Terkait
Government Public Relation