Pelaksanaan UNBK Bisa Numpang


 

SAMARINDA - Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) direncanakan pada 3-6 April 2017, dimulai dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kemudian disusul jenjang SMA dari 10-13 April 2017 dan untuk jenjang SMP sederajat dilaksanakan pada 2-8 Mei 2017.

Meski waktu pelaksanaan UNBK masih jauh dan penyelenggaraan dilaksanakan oleh sekolah yang memenuhi persyaratan teknis ditetapkan Panitia UN tingkat pusat, tetapi bagi sekolah yang tidak memiliki sarana dan fasilitas UNBK bisa menumpang atau bergabung ke sekolah yang dilengkapi fasilitas dan sarana UNBK.

“Jadi, untuk ujian tahun ini lebih dipermudah untuk teknis pelaksanaan. Karena, mereka yang tidak memiliki sarana dan fasilitas UNBK bisa bergabung dengan sekolah yang telah ditetapkan panitia UN untuk melaksanakan ujian berbasis komputer,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati di Samarinda, Jumat (27/1).

Dayang mengatakan, untuk pelaksanaan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Misal, jika biasanya pelaksanaan ujian dilaksanakan secara serentak baik dari jenjang SMA dan SMK, maka tahun ini tidak.

Meski berbeda, diharapkan pelaksanaan ujian berbasis komputer diharapkan bisa dilaksanakan dengan lancar di Kaltim. Bagi SMA yang tidak memiliki sarana dan fasilitas pendukung UNBK, mereka bisa bergabung ke SMK yang telah memiliki fasilitas UNBK. Begitu juga dengan jenjang sekolah SMP sederajat.

“Artinya, semua bisa dikomunikasikan terlebih dulu. Sedangkan untuk peserta ujian di masing-masing ruang tetap sama jumlahnya, yaitu setiap ruang ujian diisi 20 peserta dengan materi ujian yang berbeda,” jelasnya.

Untuk diketahui, sekolah atau madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK telah memenuhi persyaratan, yaitu telah terakreditasi, tersedia sejumlah komputer dan server sesuai kebutuhan dan memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh panitia UN  pusat. (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait