Pelatih Harus Menguasai Sport Science

Pelatih Harus Menguasai Sport Science

 

SAMARINDA - Seorang pelatih cabang olahraga harus mampu mengembangkan diri khususnya mengetahui tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di bidang olahraga yang disebut sport science (ilmu olahraga).

Saat mewakili Gubernur Kaltim, Staf Ahli Gubernur Kaltim bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Muryono mengatakan pembinaan olahraga merupakan sebuah proses berkesinambungan dan terpadu sehingga memerlukan pengelolaan secara profesional.

Selain itu, pembinaan harus dukungan Iiptek yang tepat agar prestasi olahraga dapat mencapai hasil optimal. “Pelatih yang baik tidak saja mengandalkan pengalaman, tapi harus mengerti pola pelatihan terbaik bagi atlet,” ujar Sigit Muryono, pekan lalu.

Disebutkan, bidang-bidang sport science antara lain mencakup ilmu fisiologi (ilmu mekanis, fisik dan biokimia fungsi manusia yang sehat/organ-organ dan sel-sel tubuh yang tersusun) bagi atlet binaan.

Ilmu  psikologi (ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental) dan biomekanik (ilmu yang membahas aspek-aspek/gerakan–gerakan tubuh manusia) serta pengetahuan  asupan (nutrisi) dan kesehatan olahraga (sport medicine).

Menurut Sigit, prestasi olahraga yang diraih para atlet Kaltim baik di ajang nasional maupun internasional selama ini tidak lepas dari kompetensi yang dimiliki pelatih yang sebelumnya merupakan para atlet berprestasi pula.

Pelatih harus belajar dan menguasai bidang-bidang ilmu olahraga tersebut, sehingga hasilnya dapat dipraktekkan ketika melatih atlet baik di daerah maupun klub masing-masing.

Dia berharap agar terbangun sistem dan program yang baik dalam upaya bersama mempersiapkan bibit-bibit baru dan generasi baru para olahragawan dalam  menghadapi kegiatan multi even di masa mendatang.

“Dukungan dan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak terhadap pembangunan dan pengembangan olahraga di Kaltim sangat besar. Ini peluang sekaligus tantangan bagi elemen olahraga di daerah sehingga mampu meningkatkan prestasi olahraga di even nasional bahkan internasional,” kata Sigit.(yans/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation