Kalimantan Timur
Pelatihan Budidaya Kakao dan Gaharu

SAMARINDA - Sosialisasi dan pelatihan budidaya Kakao dan Gaharu di Kabupaten Mahakam Ulu dinilai telah banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid melalui Kepala Bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha BPPD Kaltim Husaini menyampaikan bahwa Komoditi Kakao dan Gaharu kini telah menjadi primadona dalam menghidupkan roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Mahulu.

"Antusias cukup tinggi setelah kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat di perbatasan. Kita lakukan sosialisai dan pelatihan kegiatan budidaya Kakao dan Gaharu ini memang diharapkan agar dapat memicu dan memotivasi masyarakat khususnya para pekebun," kata Husaini di Kantor BPPD Kaltim pada Jumat (20/5).

Terkait manfaat bagi masyarakat sekitar, Husaini menambahkan bahwa dalam pelatihan masyarakat telah banyak belajar dan memahami tentang budidaya Gaharu yang sebelumnya masih kurang paham karena dibuktikan masih adanya masyarakat yang mencari Gaharu di dalam hutan.

"Kita berikan pemahaman agar tidak usah lagi mencari gaharu didalam hutan karena komoditas gaharu ditengah hutan telah berkurang. Sehingga, masyarakat akhirnya memilih untuk mengembangkan budidaya gaharu. Kami berharap, masyarakat dapat menanam Kakao maupun Gaharu di kebunnya masing-masing," katanya. (rus/humasprov)

Berita Terkait