Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, Mariman : Pemimpin harus Inovatif

Mariman Darto (tengah) bersama peserta Diklat Kepemimpinan II. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA -  Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda kembali menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat II untuk Angkatan V Tahun 2018. Diklat digagas guna meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) untuk mengelola perubahan di masing-masing level kepemimpinan. Hal itu dikemukakan Kepala PKP2A III LAN Samarinda Mariman Darto usai membuka (Diklat) Kepemimpinan Tingkat II untuk Angkatan V Tahun 2018 di Auditorium Kampus  Makarti Bhakti Nagari PKP2A III LAN Samarinda, Rabu (7/3).

 

Menurut dia, saat ini ada kekhawatiran tercipta kabupaten atau kota bahkan provinsi gagal walaupun daerah itu memiliki resources (sumber daya alam) besar. "Diperlukan pemimpin atau pejabat yang mampu berakselerasi dan berinovasi agar lebih optimal mengelola perubahan yang lebih baik di lingkup kerja hingga eksternal dari masyarakat bahkan daerahnya," katanya. Karenanya, diklat diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kompetensi kepemimpinan strategis melalui pengelolaan perubahan dan inovasi.  

 

Sementara Kepala Bidang Diklat Aparatur Rahmat menyebutkan diklat diikuti 60 peserta selama 97 hari sejak 7 Maret hingga 7 Juli (empat bulan). "Peserta terdiri pejabat eselon II dan III dari pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota di Kalimantan dan Sulawesi serta kenterian dan lembaga," ujar Rahmat. 

 

Dia menambahkan diklat selama 97 hari diselenggarakan terdiri 27 hari di Kampus PKP2A III LAN dan sisanya dilaksanakan pada masing-masing instansi peserta. Diklat dihadiri sekretaris daerah, kepala BPSDM dan Badan Kepegawaian Daerah kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara serta Sulawesi. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait